Balada New Mom

image

Semenjak ada si kecil otomatis kehidupan saya berubah drastis. Apalagi di minggu-minggu pertama ini kata orang emang agak berat. Saya mesti dihadapkan dengan tanggung jawab baru, bagaimana merawat dan menjaga si kecil ghifar yang pada dasarnya belum begitu saya kuasai. Ditambah jadwal tidurnya ghifar yang tidak menentu serta rewelan yang menghiasi setiap bangunnya.

Dihari-hari pertama saya memang agak kewalahan, apalagi ghifar setiap diberi asi selalu menolak dengan keras sambil menjerit-jerit padahal saya udah komit dari dulu-dulu pengen ngasih asi ekslusif. Eh ternyata nggak segampang yang dibayangkan, adaaa aja masalahnya mulai dari ghifar yang udah terbiasa dengan dot karena beberapa hari pasca caesar saya tidak bisa ngasih asi, sampai masalah kuantitas dan kualitas asi.

Karena hal tersebut saya sempat mengalami “baby blues sindrom” , bawaanya sedih melulu, sensitif bahkan jadi stres setiap ghifar nggak mau diajak sehati. yaaaa ibu mana yang nggak sedih setelah sekian lama.bersama-sama dibawa didalam perut pas brojol bayinya kayak nggak kenal gitu emak nya. Apalagi pas rewel ghifarnya nggak mempan saya diemin tapi sewaktu di ambil sama mama mertua eh malah diem. Nah tu kan… rasanya emang nggak enak banget, sampai-sampai saya mikir apa bisa jadi ibu yang baik buat ghifar.

Untunglah baby blues nya nggak berlangsung lama walau kadang kalau ghifarnya rewel nggak berhenti-henti tetep kalut juga. Sebenarnya ini cuma proses belajar kan ya, saya belajar jadi ibu dan ghifar belajar menyesuaikan diri setelah sekian lama pewe di dalam rahim. Yang namanya belajar tentu nggak langsung bisa donk, mesti ada up and down nya, yang penting tetap semangat. Alhamdulillah setiap hari selalu ada kemajuan, semua karena saya mencoba mengurus ghifar sendiri walau bekas caesarnya masih nyeri gitu.

Menjadi new mom banyak sekali hal-hal baru yang saya temui. Karena labelnya masih “new” saya banyak sekali mendapat pelajaran dari orang-orang terdekat, bagaimana mesti mandiin, minyak telon diolesin dmana, sampai hal-hal yang berbau mitos seperti jemuran baju sikecil yang belum kering nggak boleh ditaroh diluar rumah kalau malam hari, kalau magrib sikecilnya di gendong dan sebagainya. Karena masih awam saya manut-manut saja sembari mencoba menalarkan maksud larangan dari mitos-mitos itu. Namun ada juga hal-hal yang tidak bisa saya terima dengan logika seperti mitos seputar asi yang membuat ghifar terpaksa dibantu sama sufor.

Menjalani status baru menjadi seorang ibu memang akan menyita waktu dan tenaga namun semua lelah dan capek langsung menguap ketika melihat wajah ghifar tersenyum bahkan tertawa dalam tidurnya. Kata nenek kalau anak kecil tersenyum-senyum saat tidur,  itu karena dia lg main sama pengasuhnya. Nggak tau juga benar apa nggak yang pasti bagi saya senyuman itu seperti ditujukan untuk saya hehe…

Terakhir sebenarnya saya mau cantumin video yusuf islam yang judulnya “Your Mother”, berhubung saya post lewat hp jadi agak ribet…😀 silahkan ke youtube aja ya

Who should I give my love to?
My respect and my honor to
Who should I pay good mind to?
After Allah
And Rasulullah
Comes your mother
Who next? Your mother
Who next? Your mother
And then your father.
😉;-)

24 thoughts on “Balada New Mom

  1. Selamat ya dek sudah jadi Ibu, anugerah terindah dari Allah bagi seorang wanita. Berdasar pengalaman anak pertama memang cenderung baby blues sih, doyan panikan, stelah anak kedua dan seterusnya makin nyantai, jalanin saja dgn ikhlas, insyaAllah lancar😀

  2. namanya juga baru… semua hal pasti kaya gitu. insya Allah semakin hari semakin riangn. ghifarnya diajak ngomong aja dari hati ke hati biar mau minum ASI

  3. Seiring berjalannya waktu, ritme si kecil sudah ketahuan dan emak juga bisa mempunyai waktu buat istirahat.
    Baby blues mah wajar, teteh juga ko..

    Pokoknya semakin pintar deh jadi emaknya, apalagi kalau didukung penuh sama suami..semangat yaaa… ^_^

    *pengalaman emak beranak 4*🙂

      • Alhamdulillah 6 kali hamil dan 4 kali melahirkan secara normal..:)

        Sahabat teteh, dia di OP juga, satu minggu di RS dan hari kedua sudah harus jalan-jalan.. di Indonesia begitu juga kah..?? Semoga lekas pulih kembali yaa…

Tinggalkan Balasan

