Jangan Abaikan Uang Recehmu….!!

Hai….hai…hai….(lagi semangat nulis.. :D)


Aku bersyukur banget waktu itu pernah ngikutin seminar nasional bersama Dik Doank. Karena di acara itu aku jadi tau sama “Coin A Chance” (CAC). Apa Sih CAC????

Coin A Chance merupakan sebuah gerakan sosial yang mengumpulkan koin-koin lalu disumbangkan untuk membantu anak-anak miskin yang putus sekolah.

Komunitas ini pada awalnya dibentuk oleh dua sahabat Hanny Kusumawati dan Nia K Sadjarwo pada Desember 2008 di Jakarta. Kini cabang-cabang komunitas Coin A Chance! tersebar di penjuru Indonesia. Di antaranya, Bandung, Bali, Palu, Cilegon, Makassar, Semarang, Yogyakarta , Padang dan beberapa kota besar lainnya. Bahkan, komunitas tersebut juga sudah terbentuk di Benua Eropa lho..😉

Komunitas ini punya slogan drop, collect, send those kids back to school. Ini yang bikin aku tertarik, karena visinya simpel banget, cuma butuh uang receh yang sering kita abaikan, dikumpulkan, dan disalurkan kepada anak-anak yang putus sekolah. Kebetulan aku juga punya banyak recehan dirumah,😆

Coin A Chance punya sebutan coiners untuk pengumpul koin aktif sekaligus pengurus operasional Coin A Chance! Ada juga sebutan droppers bagi pengumpul koin aktif dan tidak aktif yang tidak terlibat dalam kepengurusan komunitas. Namun segala kegiatan dalam komunitas ini lebih kepada sukarela, siapa aja boleh ikut berpartisipasi.

Secara berkala Komunitas ini mengadakan gathering (pertemuan) secara berkala yang disebut dengan Coin Collecting Day (CCD), dimana pada hari itu dilakukan perhitungan jumlah koin yang telah berhasil dikumpulkan. Setelah terkumpul, duit koin dari para coiners dan droppers tersebut siap digunakan untuk menyumbang biaya pendidikan siswa-siswi miskin.

CAC juga punya kriteria tertentu dalam memberikan bantuan biaya pendidikan antara lain anak yang akan dibantu harus benar-benar punya semangat belajar. Nilai rapor tidak perlu tinggi, tetapi konsisten di level sedang. Kriteria lainnya adalah orang tua harus benar-benar mendukung pendidikan anak. Jangan sampai, setelah dibantu, anak tadi tetap putus sekolah karena disuruh orang tuanya bekerja.

Menurut Hanny sang pencetus komunitas ini, komunitasnya tidak memasang target seberapa banyak anak yang harus dibantu. Tetapi, mereka nekat membantu hingga anak tamat SMA. Selain itu hanny juga menegaskan komunitasnya anti meminta uang di jalan-jalan. Meskipun dibalut dengan aksi demonstrasi. Dia memiliki filosofi membantu orang itu tidak harus menunggu harta menumpuk. “Bisa dimulai dari kecil dulu. Menyisihkan uang recehan,” paparnya.  Dia berharap, gerakan komunitas Coin A Chance! bisa langgeng dan tidak sekadar menjadi tempat nongkrong meriah-meriahan saja. Hanny menuturkan, komunitasnya tetap fokus menggarap dunia pendidikan yang selama ini belum tersentuh pemerintah

Nah buat rekan-rekan yang punya koin yang bisa disumbangin ke CAC, buruan aja datengin tempat biasa CAC dikotamu ngumpul….

Buat kota Padang silahkan kunjungi

Follow @CACPadang

Facebook Padang Coin A Chance

SALAM KRINCINGGGGG……!!!

Jadwal dan lokasi pengumpulan uang logam Coin A Chance!, Pertanggungjawaban dan alokasi dana yang didapatkan dari Coin A Chance!, siapa saja penerimanya, dan dalam bentuk apa bantuan diberikan, akan dipublikasikan juga secara transparan.

16 thoughts on “Jangan Abaikan Uang Recehmu….!!

  1. ambocupu berkata:

    kamu ikut komunitas CACPadang juga? Keren, tetaplah bersemangat untuk kebaikan kawan!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s