Seminar Pendidikan Bersama Dik Doank

Seminggu yang lalu aku berkesempatan mengikuti Seminar tentang “Pendidikan Untuk Semua” di kampus tercinta Universitas Andalas. Sebenarnya alasan pertama mengikuti seminar ini adalah “iseng”, yang kedua karena pematerinya Dik Doank maka bertambahlah keisengan itu menjadi “iseng-iseng berhadiah”.  Dari pertama baca judul seminarnya emang agak berat yah, tapi diluar dugaan kita yang ikut khususnya aku nggak berasa ikut seminar. Malah lebih kepada bagaimana memaknai kehidupan dan bagaimana kita memuliakan sesama, menurut ku sih…..*ciye

sebelum dimulai berdoa dulu

sebelum dimulai berdoa dulu

Dik Doank bener-bener saluuut coklut deh, selain bercerita tentang bagaimana awal Kandang Jurang Doank didirikan sampai bisa jadi kayak sekarang Dik Doank juga menyelipkan Quote-Qoute yang keren abiz disela-sela seminarnya.

Diantaranya yang nempel di memoriku :

“Carilah pasangan yang bisa mendekatkanmu pada Tuhan, meski dia menyakitimu, melukaimu, meninggalkanmu, buat apa punya pasangan yang begitu mencintaimu, memperhatikanmu tapi malah membuatmu lupa siapa Tuhanmu” ~Dik Doank.

Suatu ketika Dik Doank (Om Ganteng) bertanya pada istrinya :

“Ma kalau kamu menyayangi anak-anak kita kamu adalah manusia yang patut dicintai, tapi kalau kamu mampu menyayangi anak-anak orang lain maka kamu adalah manusia yang pantas hidup dimuka bumi ini” ~Dik Doank.

satu lagi..

“dunia ini gak butuh orang yang pintar, yang hebat, dunia cuma butuh orang yang sayang sama ibunya”~ Dik Doank.

Hmmm maknyus banget dah..

Awalnya KDJ (Kandang Jurang Doank) adalah sebuah komunitas kreativitas berdiri tahun 1993, namun banyak yang menyebutnya sekolah alam. Anak didiknya boleh siapa saja dan dari kalangan mana saja asal niatnya belajar. Tidak seperti sekolah kebanyakan, disini tidak dipungut biaya sedikitpun padahal semua fasilitas amat lengkap seperti studio band, panggung ruang multimedia, kolam ikan, arena bermain, dan lapangan untuk olah raga. Materi yang tidak ada disekolah umum akan kita temui disana, pengajarnya pun berbeda-beda, biasanya pengajar yang datang adalah sukarelawan yang peduli terhadap pendidikan termasuk juga para artis sahabat-sahabat dik doank.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kandang Jurang Doank merupakan berkah bagi dunia pendidikan. Ia hadir

untuk membangun dan mengajak orang-orang untuk kembali dan mensyukuri kekayaan alam. Untuk mengenali diri sendiri, manusia harus bisa memahami alam sebagai bagian dari dirinya. Setelah mengenali diri sendiri, barulah manusia dapat mengenali Tuhannya.

Dan satu hal yang aku gak tau ternyata Dik Doank sangat religius, akhir acara kita seperti diajak bermuhasabah, dan dia sampai menitikan air mata gitu…

Woi gak keliatan neee...!!!

 

One thought on “Seminar Pendidikan Bersama Dik Doank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s