Menikmati Pesona Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau maninjau selalu memberi pesona yang tidak habis-habisnya walaupun hampir tiap minggu saya melewatinya. Kesejukan udara dan keindahan panoramanya yang terbentang memberi ketenangan tersendiri setiap kali memandangnya.

Danau vulkanik yang memiliki luas 99,5 km2 merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat. Terletak sebelah utara Kota Padang, 36 km dari Bukittinggi, 27 km dari Lubuk Basung. Bila menempuh dari Bukittinggi kita akan melewati kelok 44, yaitu  jalananan berkelok-kelok yang mempunyai 44 tikungan dari atas bukit sampai kebawah tepian Danau Maninjau. Walau banyak tikungan kita akan terus disuguhkan pemandangan Danau yang indah dari ketinggian sampai terus menuju tikungan terakhir, menjadi obat tersendiri bagi yang mungkin mengalami mabuk darat dalam perjalanan.😀

Ada beberapa tempat favorit wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Maninjau dari ketinggian :

1. Ambun Pagi

Danau Maninjau dari Embun Pagi

Danau Maninjau dari Embun Pagi

Tempat ini sering dijadikan para wisatawan sebagai tempat memanjakan mata sambil duduk-duduk menikmati angin danau maninjau yang sejuk seperti embun pagi. Disini terdapat  Nuansa Maninjau Resort yang selalu ramai bagi wisatawan yang ingin menginap. Disekitar tempat ini  juga terdapat beberapa toko yang menjual kerajinan khas minangkabau. Namun panorama di ambun pagi ini tidak begitu terawat, terlihat dari tempat duduknya yang sudah mulai berlumut dan semak-semak yang menjalar kemana-mana. Namun tempat ini masih saja ramai dikunjungi dan tidak mengurangi antusias para wisatawan untuk mengabadikan keindahan Danau Maninjau dari sini.

Kerajian masyarakat setempat

Kerajian masyarakat setempat

Lokasi Ambun Pagi

Lokasi Ambun Pagi

2.Ambun Tanai

Lokasi Ambun Tanai

Lokasi Ambun Tanai

Ambun Tanai berada lebih tinggi lagi dari ambun pagi. Tempat wisata ini baru saja dikembangkan oleh pemda setempat. Disini ada menara kecil untuk kita yang ingin menikmati Danau Maninjau dari atas Ambun Tanai. Karena baru saja direnovasi tempat ini memiliki fasilitas lengkap seperti mushola, tempat parkir dan juga pagar pembatas yang tidak dijalari semak belukar.

ambun tanai

3. Puncak Lawang.

Danau Maninjau dari Puncak Lawang

Danau Maninjau dari Puncak Lawang

Puncak Lawang berada di 1.210 mdpl. Di zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Puncak Lawang sering digunakan untuk kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara. Disini juga terdapat pohon-pohon pinus yang berbaris rapi. Selain itu juga terdapat arena bermain anak-anak dan arena outbond. Tempat ini cocok sekali untuk wisatawan yang  berkunjung bersama keluarga, dengan menggelar tikar dan membawa beberapa bekal sambil menikmati keindahan Danau Maninjau secara utuh dari ketinggian.

kawasan puncak lawang

kawasan puncak lawang

4. Kelok

kelok

Kelok atau tikungan ini merupakan jalur dari ketinggian menuju tepi Danau maninjau. Tikungan ini terkenal dengan nama kelok 44, dengan setiap kelok memberikan pemandangan indah tersendiri. Tiap-tiap kelok juga ada warung-warung kecil bagi para wisatawan yang ingin makan-makan atau sekedar ngopi sambil menikmati keindahan Danau Maninjau.

warung di kelok kelok

warung di kelok kelok

 

Sunset

Sunset

Danau maninjau, hamparannya akan selalu membuat kita terpesona dimanapun kita memandangnya. Sebuah lukisan indah karya sang pencipta yang patut kita syukuri dan kita jaga. So..lets come to West Sumatera ^_^ and u will feel how beautiful the Maninjau Lake.

16 thoughts on “Menikmati Pesona Danau Maninjau

    • bundaaaaa lagi di sumbar ya…berapa hari dsini bunda? kmren bunda ke pestanya fitri ya?

      selamat menikmati keindahan danah maninjau ya bunda..mdh2n cuaca hari ini mendukung perjalanan bunda kesana🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s