Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

cerita ini sebenarnya repost dari catatanku di facebook dengan diubah seperlunya, dari pada dimakan rayap disana nggak ada salahnya juga di share disini, karena merupakan salah satu pengalaman yang tidak bisa aku lupakan.

2 Oktober 2010

Tidak penah terpikirkan sebelumnya penanganannya harus seperti ini…

memang si cuma operasi kecil….tpi tetap aja namanya ‘operasi’..aplagi bagi diriku yg paling malas kedokter

Aku yakin ketika seseorang bisa merasakan sakit gigi yang aku rasa saat ini maka tidak akan ada lagi lirik “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati”. Satu bulan merasakan denyut yang amat dahsyat dibagian kepala sebelah kanan, siapapun akan memilih sakit hati aku relaa,,,rela …relaa aku relaaa…:mrgreen:

Dokter gigi pertama yang aku kunjungi yaitu Drg. Syukrita menyarankan gigi bungsuku harus dioperasi kecil. Whats??? Operasi? No…kata beliau, pertumbuhan gigi bungsuku tidak sempurna, terhalang oleh rahang yang kecil sehingga ia tumbuh miring dan ngintip malu-malu di gusiku. Si Bungsu dengan ketertutupannya ternyata menyimpan luka, nampaknya dia sehat-sehat saja eh ternyata si Bungsu sakit alias berlubang. Yang nggak tau apa itu gigi bungsu silahkan tanya mbah google ya🙂

Vonis untuk harus dioperasi membuat aku harus pikir dua kali menemui dokter tersebut. Apalagi si Dokter menambahkan kata-kata “ngebor” , “ini nyabutnya harus di bor dek, dan harus dilakukan oleh dokter ahli bedah mulut, silahkan minum obat ini dan datang 1 minggu lagi buat dioperasi”. Senyum, ambil obat, dan kaburrrrrrrrrrr dengan tekad “aku tak akan kembali” HaHaHa !!

Lari dari masalah memang tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Sakitnya minta ampun, inilah sakit gigi terdahsyat yang pernah aku rasakan seumur hidup. Rasanya wajahku sebelah kanan berdenyut-denyut, sampai kemata, kepala bagian belakang dan leher. Pantas saja rasa yang sesakit ini di selesaikan juga dengan pengobatan yang maha menakutkan yaitu operasi.

11 Oktober 2010

Akhirnya seminggu menahan sakit aku menuju Dokter gigi kedua di Yarsi Pasaman Barat sayangnya aku lupa nama si dokter karena namanya unik dan susah di sebutin. Dokter memberikan obat ke dalam si Bungsu dan seketika aku merasakan lepas dari jeratan sakit yang menyiksa. Wow, nah tuh kan nggak perlu operasi kan? Si Dokter mengajakku berbincang-bincang..

dokter : “punya askes mbak?”

aku : “belum di urus pak”

dokter : “coba diurus ya, soalnya kayaknya si Bungsu harus di operasi dan biayanya mahal kalau tidak pakai askes”

aku : -terdiam-

dokter : “sekarang kita ronsen dulu ya giginya, kita lihat tingkat kesulitan posisi tumbuhnya”

aku : eh oh yaa engg….(bingung, apa yang mau dironsen nih?), tapi nurut juga.

Jepret..!! Jepret..!!, sebuah alat ronsen khusus gigi (nggak tahu namanya) sudah melaksanakan tugasnya dengan sempurna, setelah sebuah kertas diselipkan di rahangku dan rasanya nggak nyaman banget karena harus mangap sekian detik. Hilanglah keimutanku dengan segera😮

sumber : http://www.dentiadental.com
(kira-kira hasil ronsen nya mirip ini)

Obat dari dokter ternyata bisa menyelamatkan aku selama seminggu, paling tidak bisa mengurangi rasa sakit yang menyiksa beberapa hari belakangan ini. Namun itu semua tidak membuat aku berhenti memikirkan apa yang harus aku lakukan terhadap si Bungsu karena sebelum pulang si dokter mengingatkan apabila tidak cepat dioperasi efeknya bisa ke saraf kepala.

12 Oktober 2010

Antara yakin dan tidak aku mengurus kartu askesku yang selesai 1 minggu kedepan. Setelah askes selesai aku minta surat rujukan untuk bisa melakukan operasi di RS M.Djamil Padang. Sebenarnya masih ada rasa was-was dalam ketika membayangkan proses bedah mulut. Akhirnya aku curhat sama mbah google dan beliau dengan senang hati memberikan wejangan-wejangan yang membuat aku cukup tenang (tapi tetep aja was-was dikit).

23 Oktober 2010

Mau tak mau tiba juga hari yang tidak dinantikan, aku harus  berangkat menuju RS M. Djamil. Setibanya disana aku tak menyangka,,,ternyata bejibun yang mau berobat, ckckckck….terpaksa harus ngantri..sebuah pekerjaan yg lumayan membosankan bagiku, apalgi menunggu sstu yang tidak mengenakkan.😮

Setelah giliranku dipanggil, aku langsung menuju poli gigi dan lngsung meminta masuk karena sudah janji operasi seminggu yg lalu tapi….aku malah ‘sedikit’ dimarahi…karena datang terlalu siang😦

aku juga bingung dan lupa2 ingat (hehe) apa memang janjinya pagi???? aku coba mengingat2 lagi cerita semingu yang lalu. Oh ya..aku ingat seorang dokter berkata “jangan lupa sarapan ya” hmmm mungkin tu mksudnya aku harus datang pagi…ah nggak tau lah :eek: sementara para dokter itu masih kesal dg keterlambatanku…aku mencoba mentulikan telingaku dan kusempat2kan update status di fesbuk karna yang ku butuhkan bukan omelan mereka…tapi…”jadi gak nih,kalo indak pulang wak lai buk,kabaa juo lai:mrgreen:

Beberapa menit kemudian dengan nada agak sedikit kesal mereka menyuruhku duduk dikursi pesakitan itu hiks rasanya pengen nangis aku takut mereka bekerja juga dengan kesal dan membongkar mulutku seenaknya tapi syukurlah itu tidak terjadi.

Setelah dua suntikan bius ditancapkan…mulailah sang dokter bekerja dg perkakasnya. Aku tak mengerti apa yg sedang mereka lakukan,,sesekali menukar alat yang ditangan mereka dan aku seperti org bodoh saja…karena bibirku sudah mati rasa…tersenyum pun miring hihi…:mrgreen:

Lalu mereka mencongkel,,,memukul-mukul seperti layaknya org mengukir…aku sempat kaget ketika ditangannya ada palu “kamanga ibuk ko goh?” itu pikirku…pukulan yg lumayan mengguncang tulang2 rahangku hiks teganya dikau bu dokter :-( ktnya bor nya lagi rusak gtu….

aku tak sadar ternyata sudah banyak darah yg keluar…karena aku tak merasakan apa-apa setelah gigi bungsu itu minggat dari rahangku…tiba-tiba dokter itu mengeluarkan benang dan jarum untuk menjahit bekas si bungsu.

whaaattttt?????????? oh nooooooo😮

Langsung saja ku pejamkan mata dan rahangku mulai gemetar karena dari td mangango (mangap) se mungkin juga karena takut. hiiii benang dan jarum it keluar masuk dari gusi ku,,tpi syukurlah aku lagi2 tak merasakanya…cukup lama sekali si ibuk menjahitnya…stres juga aku dibuatnya.

Operasi berjalan 30 menit..tapi serasa udah lama banget. Akibat operasi tersebut selama seminggu aku cuma bisa makan bubur😦 dan setelah seminggu juga jahitannya baru bisa dibuka. Seremm

#repost

68 thoughts on “Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

  1. hmmmmmm…..

    antara tertawa dan haru manbacanya (soalnya langsung dibayangin)

    haduuuuuuw, gak kebanyang kalo saya yang mengalami ini,,,

    satu pertanyaan,,,,
    sekarang kemanakah gigi bungsu itu???

      • hmmm.. udah kebayang berdarah2 gtu,, hadeeeeew..

        hmmm coba masih utuh kan bagus buat kenang2an, mungkin karena ukhty datangnya telat jadi ibuk itu agak tergesa-gesa, akhirnya bukan dicabut malah di hancur leburkan gitu….

  2. LJ berkata:

    hehhe, posisi gigi bungsu-nya izza memang tak bisa dicabut dengan cara biasa, harus dengan ahli bedah mulut.. dan klo gak pake askes pastinya mahal..

    Alhamdulillah giginya izza sudah sukses diangkat, bundo dulu juga mengalami hal yang sama, dicabutnya di rs hasan sadikin bandung, pake kartu mahasiswa jadinya gratis.🙂

    • iya bundo alhamdulillah banget, mudah2an nggak ngerasain lagi deh, karena sakitnya emang luar biasa kan bundo? nggak kayak sakit gigi biasa…

      termakasih kunjungannya bundo😉

  3. Wuih, posisinya nyeleneh banget si bungsu Mba Izza. Syukurlah sudah lewat. Kebayang sih rasa dari operasinya itu yang sampe seminggu ga hilang-hilang….. ikutan ngilu bayanginnya…

  4. Aduh …
    Tiba-tiba gigi saya terasa linu semuaaa …
    qiqiqi

    Yang jelas saya belum pernah operasi gigi ..
    gimana mau operasi … lha ke dokter gigi saja … kalau tidak terpaksa …. saya ndak mau

    Qiqqiqi

    Salam saya Izz

    • berarti gigi om sehat smua donkkk..wah kerennnn😉

      saya juga gak mau kedokter gigi dan nggak mau sakit gigi juga tentunya om….tapi apalah daya…hehe

      salam juga dari saya om

  5. Ini posisinya sama kayak gigi bungsu saya, kira-kira setahun lalu sakit sekali hingga ke kepala..
    diobatinya hanya dengan ke dokter gigi kampus, ditambal sementara, lalu diberi surat rujukan ke dokter gigi tapi saya bandel (gak dateng) wkwkwk…

    Alhasil makin sakit dan obatinnya cuma pake Albotil aja, alhamdulillah sekarang tidak apa-apa. *cara baru😀

  6. Baru 30 menit mbak..
    Pasien operasi pertama saya butuh 3jam untuk ngeluarin gigi bungsunya… kalau ada pasien yang kapok dioperasi, saya kapok mengoperasi!!! hahaha!!!

  7. istilah kedokteran gigi biasa menyebutnya gigi impaksi..
    hehe, jgnkan mbk izza, lha sy yg ank kdokteran gigi aja takut mbk mengambil gigi impaksi saya. sbnrnya pd saat operasi g sakit karena di anestesi, cm pasca operasi itu lho, stlh biusnya hilang, nyuttt nyutt.. hehe.. mengambil gigi impaksi yang memang mengganggu adalah hal yang tepat.. ^^.
    salam kenal mbak.. mampir2 di blog saya ya.. ^^

    • benar banget mbak yena,,,,
      setelah nympe rumah,,ternyata penyiksaan itu baru dimulai,,,makan aja susah,,apalgi sempat ngeliat benang2 jahitan didalam mulut wuidiiiiiii
      seram pokoknya..
      makasih kunjungannya yaa😉
      langusng ke tekape;-)

      • hehe,, nah itu dia yang mengkhawatirkan. kl ternyata punya 4 gigi impaksi mending sekalian 2 di satu sisi deh nyabutnya jadi kl harus diambil semua sakitnya cm 2x *tapi sakit ekstraaa.. hehe
        pastinya setelah diambil lega kan, nyaman.. hehe gak akan sakit2 lagi

        yoi, sama2..

  8. yulli farianti berkata:

    pengalaman kita sama ya..ea…aku juga baru selesai operasi gigi bungsu…tp nggak di jahit sama dokternya…..awal nya sih emang membuat diriku shock sih..tp kucoba konsultasi sama mbah google …akhirnya kekwatiranku itu bisa di reda…meskipun ada jg rasa takut….
    tp sekarang alhamdulillah gigi ku nggak sakit lagi….walau pun masih ada rasa ngilu dr bekas operasi …nya…

    sekarang cuma tunggu pemulihannya saja….

  9. Felix berkata:

    sekarang giliran saya gigi bungsu mau nongol haha rasa nyeri sampai ke pipi aduh, tp yang bingung kok tenggorokan juga ikut sakit ya saat menelan, mau ke dokter gigi males haha

    • jangan dibiarin sampe parah,,soalnya kalo udah parah sakitnya makin nggak bakal bisa ditahan karena dia beda ama penyakit gigi biasa…
      ujung2nya pasti bermuara ke dokter gigi juga tuh😀

      • vee berkata:

        Ampun daa..
        Trkhr x k.dokter gigi wktu SD
        skian lama gk mmpir k.mbah dokter eh malah d.vonis GIGI BUNGSU.
        Yg Ad d.kpla q tuh yah
        “SeEet daa.. skali priksa lngsng dnger oprasi. Rekor bgt daa watt w ”

        Tp yg mkinn bkin ak shock biayax mba bro.. nasib jd maha gni daa..

        Buat zaa.. kmrn oprasi kna brpa tarif? “Kek operator az yee?”

    • biaya operasinya biasanya tergantung dengan tingkat keparahan giginya..
      kalau aku kmren nggak bayar ,,soalnya pake askes
      kata dokter biayanya bisa 700 sampai 2 juta..tapi kembali juga sih tergantung keparahan giginya

  10. ardita pieter berkata:

    saya minggu lalu juga menjalankan oprasi gigi bungsu, dan langsung makan nasi. memang sakitnya suntikan bius besar awalnya luar biasa. tapi obat dokter canggih bisa hilangkan rasa sakitnya.
    kmaren malam saya buka jahitan 2 jahitan. dan skrg sudah ga sakit krn dikasih obat kumur ALOCLAIR PLUS.
    Untuk teman2 yang mau oprasi gigi bungsu bagusnya minum antibiotik STAFORIN cefadroxyl 500mg, Nutriflam untuk bengkak atau kaflam dan untuk nyeri tramifen

    kalau boleh tau askes itu gimana cara dapatnya?

  11. ardita pieter berkata:

    buat share juga buat temen2 gigi bungsu saya yang kanan tumbuh memang sakit sampai ketenggorokan sperti radang tenggorokan parah yang susah nelan tapi malah akhirnya tumbuh normal. yang bahaya kalau ga terlalu sakit ( tumbuh pelan ) ga merobek gusi alias masih sembunyi sebagian dalam gusi. dalam sebulan seminggu sakit kemudian sembuh dan bulan berikutnya begitu lagi, mending operasi saja karna menggagu syaraf kepala dan pundak nyeri.

    tapi kalau sakitnya langsung sakit sekali yang merobek gusi, mudah2an itu gigi bungsu yang lahir normal.

  12. Lington berkata:

    aku baru periksa gigi tadi.. yang rencananya mau ngobatin gigi yg berlubang eh malah disuruh operasi gigi bungsu.. sakitnya itu lho.. nggak nahan..

  13. sofia berkata:

    penyebab tumbuh tdk sempurna itu apa??
    apa ada cara mencegahnya?.
    beb hari lalu 2 dokter q kunjungi.tp dua2nya bilang operasi.ya ampun masih takut!!

  14. Aby Alfitroh Subadi berkata:

    Sialnya minggu lalu saya mengalami gejala yang sama, ya Impaksi. Fenomena yang baru saya tau, begitu juga rasa sakitnya -.-
    Tapi saya belum tau apakah harus dioperasi seperti kasus ini. Semoga saja tidak😀

  15. nanie noviarti berkata:

    Sist Izzawa.. Itulah yg sy alami skrg. Tp sy takut ngomong k org”, trmasuk suami sy sendiri. Sampe” suami sy hrs bawa sy k IGD RS jam 2 mlm, krn beliau mengira sy kena penyakit migrain.
    Hikz…
    Apa lg stelah mmbaca blog ny sista, sy makin takut operasi ‘si bungsu’. Tp si bungsu udh d ronsen.

    • trus gmana sekarang mbak…
      di cabut aja mbak..gpp kok…sakitnya cuma bentar dan gak mengerikan kok ,,,,yg menegerikan itu dokternya heheheheheh😀

  16. assalamualaikum, maaf mau tanya, sepertinya saya sekarang lagi senasib dengan ukhty, tadi baru balik dari yos disuruh ronsen gigi oleh dokter gigi saya. kata dokter gigi saya gigi bungsu saya tumbuh miring, jadi harus di ‘tiada’kan dengan cara bedah kecil. maaf, waktu ukhty bedah kemarin biayanya berapa ya?

  17. Ketika pas opeeeasi apakah kakak mengalami kesakitan ataukah sesudahnya,
    Soalnya gigi bungsu saya sudah tumbuh pengen sih pergi ke dokter tapi ibu saya menganggap ini cma.sakit gigi biasa, takutnya kalo tidak di operasi takut lebih parah dari ini?
    Trus saya orangnya takut kalo operasi apalai di suntikk

    • Sakitnya cuma sebelum operasi..makanya kren g tahan sakit aku milih di operasi saja…. habis di buka emang sih agak sakit dikit pas biusnya hilang tp g separah waktu nahan sakit sebelum operasi. Lbh baik deni periksa saja ke dokter krena ada gigi bungsu yg bisa dicabut biasa dan ada yg memang mesti dioperasi….

Tinggalkan Balasan

