Pesona Tarusan Kamang

tarusan2

Meski dekat dengan tempat tinggal ku seumur-umur aku baru sekali ke Tarusan Kamang. Tempat ini cukup terkenal walau belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata. Keindahan dan keunikannya pun sudah banyak dibuktikan oleh mata yang langsung memandangnya. Aku yang pada awalnya hanya tahu dari bisik-bisik tetangga akhirnya memusnahkan rasa penasaran menyempatkan diri untuk berkunjung kesana.

Tarusan Kamang ini hanya berjarak 15 km dari kota Bukittinggi, dan dapat ditempuh kurang lebih hanya 20 menit. Bila ingin menggunakan angkutan umum kita bisa naik angkot kode 01 jurusan Kamang Mudiak Pakan Sina­yan. Namun jika ingin menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena kita bisa langsung menuju bibir danau (jika lagi ada air) atau bisa langsung menuju padang rumputnya yang hijau.

jalan

mulai dari sini kendaraan roda empat nggak bisa masuk🙂

Yang membuatku tertarik berkunjung pada awalnya adalah tentang keunikan Danau kecil ini, yang mana pada waktu-waktu tertentu bisa menjadi danau namun pada waktu lain bisa menjadi padang rumput yang hijau. Aneh kan? Penduduk yang bermukim pun tidak tahu kapan air-air itu datang dan kapan air-air itu menyusut keperut bumi. Menurut cerita biasanya ada pertanda seperti dentuman dimalam hari, namun semua itu tidak bisa dipastikan.  Apalagi disekitar tarusan pun tidak ditemui adanya aliran sungai. Sebagian penduduk percaya Batu-batu besar disekitar tarusan dianggap sebagai tempat muncul dan menghilangnya air.

tarusan tarusan3rakit

Sewaktu pertama kali menatap tarusan kamang aku semakin tidak percaya, bagaimana mungkin  aku baru datang ketempat seindah itu?. Udara yang sejuk, air yang tenang, rumput yang hijau, dan disana juga terlihat banyaknya penduduk yang menangkap ikan atau udang dengan menggunakan rakit dan tangguk/jaring berca­bang empat.

Beruntung ketika datang untuk pertama kalinya aku mendapati dalam wujud danau. Lain kali pengen juga kesini ketika menjadi padang rumput🙂 . Untuk perbandingannya aku pinjam dulu foto om erison ya🙂

tarusan kamang di waktu yang berbeda

Baca juga pengalaman Bundo LJ ke Tarusan Kamang disini.🙂

72 thoughts on “Pesona Tarusan Kamang

  1. LJ berkata:

    Izzaa.. untung ya masih ada air di telaga..
    klo gak, mungkin harus nunggu lagi sampai bulan november.

    Bundo juga baru satu kali ke sana,
    tempat yang sangat menyenangkan. hijau segar dimana-mana.

    • iya mas danni, kalo pas jadi padang rumput banyak yang main bola disana, bisa lari2 ala film india juga bisa

      fenomena itu masih jadi misteri mas danni…🙂
      tapi katannya ada kaitanya dengan kebe­radaan air di lapisan perut bumi…
      aku juga penasaran mas danni,,,ntar aku cari tau ah..😉

  2. wah pemandangannya bagus bgt…beberapa hari lalu aku habis main ke bukit tinggi bersama keluarga tapi cm mampir ke jam gadang dan panorama…hmmm kalo tau mampir juga deh ke sini hehehe

  3. widya berkata:

    sebagai orang kamang rasanya bangga skalii,,, tpi bnyak sekali yg blum tau keindahan wisata alam yg satu ini,,🙂
    recommended dechh,,, g’ akan nyesel,,😀

  4. imatkalimahi berkata:

    Meski saya belum pernah ke Tarusan Kamang, tapi saya dapat merasakan suasananya…tenang dan sejuk kan? Hmm…asyik buat cuci hati dan pikiran; sehat bagi jiwa! Saya suka…
    Salam mbak Izzawa…salam sejuk…!

  5. kog bisa ya ada saatnya berair ada saatnya jadi lapangan bola.. emang nunggu musim kemarau dan musim hujan gitu? ga pernah kering? dan pernah ada ikan gitu? ini kaya empang deh kalu hujan banjir, kalu kering surut..

    dan itu foto paling bawah jaraknya berapa lama dari berair dan berlapangan ijo sih?

  6. keren juga sih
    tau kapan bisa menjajah sampai sumatra…

    ga perlu risau
    aku juga banyak tempat deket rumah yang belum pernah nyambangin seperti ke taman pintar, kraton apalagi sarkem..
    hiks…

  7. tau gak pemirsah… tarusan spt ini cuma ada dua di dunia satu lagi di australia…. tapi yang diaustralia gak tw namanya apa…hehehe… #bangga tinggal di sumbar… banyak wisata yang seperti keliling dunia padahal cuma di sumbar ajah… ada lagi loh tempat wisata yag mirip pulau nami korea selatan… klik >> thewennieslines.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s