Rumah Gadang Talu

Kebetulan minggu ini aku gak pulang kampung. Bertahan di Simpang empat pada waktu libur sebenarnya bukanlah perkara mudah, karena selain sepi, aku juga agak susah kalo nyari makanan karena pada tutup, mau ke pasar juga gak ada kendaraan, mesti pake ojek, ada kendaraan pun gak bisa bawa kok😀. Untung saja kali ini aku tidak berhadapan dengan masalah seperti itu, karena hari ini aku dengan temanku pergi ke Talu, refreshing gitu ceritanya.

Talu adalah salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, biasanya sih disebut Kec. Talamau. Pernah denger kan lagu “Rang Talu”? nah ini dia nih tempat nya. Di Talu banyak sekali Wisata Budayanya, salah satu nya yaitu Rumah Gadang Tuanku Bosa Suku Jambak yang terletak di Koto Dalam negeri Talu. Nah kita mengunjungi Rumah Gadang ini…..(walau nyampe disana ternyata Rumah Gadangnya di gembok alias lagi tutup…-,-“)…

Rumah Gadang Tuanku Bosa

Rumah Gadang Tuanku Bosa

Jendelanya,,,sssttt siapa tuh didalam

ooppps

Konon katanya Rumah Gadang ini masih ada hubungannya dengan yang di Pagaruyung.
Menurut buku Tambo Minangkabau dan adatnya terbitan Balai Pustaka th 1956, Ceritanya dahulu Sri Maharaja Diraja tiba di Talu dari Pagaruyuang melalui Payakumbuh yang kemudian diikuti oleh saudara-saudaranya yang lain. Sri Maharajo kemudian membuat taratak dipertemuan Batang Tolu dengan Batang Toman. Taratak kemudian berkembang menjadi dusun atau kampong. Dusun/ Kampung berkembang menjadi Koto disebut Koto Dalam. Setelah memnuhi syarat baampek suku, bapandang pakuburan, babalai bamusajik, bakorong bakampuang dan lain-lain berkembang menjadi Nagari. Dan setelah itu Sri maharaja diraja mengangkat dirinya menjadi Tuanku Bosa I.

Selain adanya wisata budaya, Negeri Talu ini juga kaya akan wisata alamnya, seperti Gunung Talamau, arus deras di Batang Talu dan Batang Sinuruik, permandian air panas, air terjun dan sebagainya. Sepanjang perjalan menuju Talu dari Simpang Empat mata kita akan dimanjakan dengan view perbukitan, sawah-sawah (yang jarang ditemui disimpang empat) lengkap dengan udara sejuknya.

Oh ya di jalan juga ada yang jualan duren lo, yuk mampir dulu….:D

"belah duren"

 

#thanks to Ani😀

 

8 thoughts on “Rumah Gadang Talu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s