Kalazion-ku

image

Kalazion (chalazion) adalah kista yang terbentuk di dalam kelopak mata sebagai akibat dari penyumbatan pada satu atau lebih kelenjar meibom yang menghasilkan minyak yang membentuk lapisan luar air mata. Kalazion awalnya berupa bintik merah yang lunak (jawa:timbil). Tapi setelah beberapa hari, kalazion bisa menjadi benjolan yang lebih besar. Benjolan ini tidak mengandung bakteri hidup, tetapi mungkin menarik bakteri dan menyebabkan infeksi. Dalam kebanyakan kasus, kalazion hilang dalam beberapa bulan, meskipun satu kista kalazion bisa diikuti oleh yang lain dan mungkin membesar selama beberapa tahun. (kamuskesehatan.com)

Sudah hampir lima bulan saya kehilangan angle yang bagus buat narsis. Kenapa? karena mata sebelah kiri saya mengalami pembengkakan yang belakangan saya ketahui nama penyakitnya yaitu kalazion atau yang lebih kita kenal dengan istilah bintitan.

Kalazion menurut saya bukan sembarang bintitan karena bentuknya yang padat dan menonjol di kelopak mata membuat mata saya agak mengerikan bagi sebagian orang. Apalagi kalazionya dua..hiks hiks. Kalau ditanya bagaimana awal kejadianya saya sendiri pun juga tidak tahu karena waktu itu pas bangun mata udah perih aja lalu kelopaknya perlahan lahan memerah dan kemudian membengkak.

Awalnya kata teman-teman mungkin mata saya digigit semut atau sejenis serangga lainnya saat tidur. Namun rasa-rasanya tidak demikian, karena saya termasuk orang yang mudah kebangun kalau tidur. Istilahnya punya tidur yang tipis mudah terbangun dengan suara-suara apalagi jika memang digigit serangga.

Satu hal kesalahan saya adalah meganggapnya enteng dan merasa yakin akan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Eh ternyata udah lima bulan bengkaknya nggak sembuh-sembuh bahkan nambah satu benjolan lagi. Kalau udah kayak gini baru ingat kedokter dan dokter menyarankan saya untuk operasi kecil.

Sekecil apapun nama operasi tersebut tetap saja mendengar kata operasi mengerikan bagi saya. Teringat dulu bagaimana dramatisnya proses operasi kecil gigi bungsu yang saya alami dan apabila sekarang memang harus operasi kecil lagi pasti lebih menegangkan, mengerikan serta menyakitkan lagi karena letaknya dibagian mata. Ckckckc…

Akhirnya saya rajin cari informasi tentang penyakit ini dan baca-baca cerita pasien yang pernah menjalani operasi kecil kalazion. Rata-rata yang pernah operasi bilang rasanya memang agak sakit, kelopak mata dilipat kebagian luar lalu di suntik bius dan kemudin dikorek. Ah tidak terbayangkan bagaimana prosesnya namun yang membuat saya lebih kalut lagi meskipun telah dilakukan operasi, kalazion ini kemungkinan akan kambuh lagi suatu saat nanti. Oh godd…

Oleh karena itu sampai saat ini saya mencoba bersabar dengan mata yang seperti ini sambil mencari tahu bagaimana pengobatan terbaik yang benar-benar bisa menghilangkan kalazion ini secara tuntas. Namun jika memang tidak membuahkan hasil dan harus operasi yaaaa tidak ada pilihan hikss…

Buat sobat blogger yang punya pengalaman yang sama..share yuk🙂

28 thoughts on “Kalazion-ku

  1. Yara juga pernah kena Iz.. diobati dengan nasi panas yang dibungkus kain/sapu tangan trus diusapkan ke bintitan … beberapa hari muncul mata yang mengeluarkan isi ( darah campur nanah kayaknya ).
    Kalau ke dokter memang dianjukan dioperasi kecil.
    Semoga cepat sembuh ya..

  2. Cepet sembuh Mbaaa… kok lama amat ‘bintitan’nyaaa. Aku awal bulan ini juga bintitan sebelah kanan. Awalnya mata kanan berair nangis dan merah mulu, kirain gegara main komputer mulu, tapi kiri normal-normal aja. Ngga lama,timbilan benjol kecil semingguan, trus ilang benjolnya tapi mata kananku sampe sekarang ngeluarin kotoran mata lebih banyak dari yang kiri… Masih ga enak juga rasanya. Katanya sih karena pengaruh musim…

  3. saya juga mengalami hal yg sama, udah berbulan2 belum sembuh. dan saya ga mau dioperasi, takut. mau coba yg pake nasi panas…
    gimana mbak apa skrg sudah sembuh???

    • ya sama…kyknya nasi panas tips dri mamayara bagus tuh…kmren saya coba agak kempes….cma krn sayaa kurg rajin mgk kompresnya, trus bengkak lgi….

Tinggalkan Balasan

