Celoteh Nabil

Nabil Al-Faruqi

Namanya Nabil al Faruqi, kalau ditanya siapa namanya dia bakalan jawab “nabil puruki” hehe…:mrgreen: namun dia manggil dirinya sendiri dengan sebutan abin. Nabil merupakan anak kedua dari kakak ku yang pling tua. Umurnya baru empat tahun jalan-jalan, cita-cita ingin jadi tentara dan pemadam kebakaran. Walau masih kecil nabil sudah bisa memahami permasalahan disekitarnya yang mungkin dengan itu juga nabil sering tidak mau disuruh pulang ketempat orang tuanya, sehingga dia sering tinggal dengan kakakku yang nomor dua.

Kalau ditanya kenapa nggak mau pulang kerumah orangtuanya, nabil dengan lugu dan sedikit ngeles bilang “disana nggak ada masa depan”, wew jangan salah sangka dulu, “masa depan” yang dimaksud nabil bukan masa depan seperti yang ada dalam pikiran kita, tapi “masa depan” yang dimaksud nabil adalah siaran “spacetoon” yang punya slogan “saluran masa depan”, itu tuh chanel tv yang sepanjang hari isinya cuma siaran anak-anak, sesekali acara jualan juga.

Ceritanya tadi pagi aku dan Nabil suntuk berdua saja dirumah, akhirnya kami milih panas-panasan diluar menikmati matahari pagi sambil bawa kamera. Wah gak disangka ternyata mataharinya say “halo” itu tu yang ada lingkaran pelanginya. Nabil langsung teriak, “cimmm ada pelangi” dan terjadilah percakapan singkat

Halo Matahari

“cim siapa yang bikin pelangi?” tanya nabil

“yang bikin pelangi Allah” jawabku

“masa? Bukannya yang bikin pelangi tu bajak laut, kan dia punya pedang gitu cim, lalu pake pedang itu muncul pelangi” , nabil protes.

“abil tahu dr mana?”

“dr film”

“ckckc…itu kan cuma film bil, yang bikin pelangi allah, ntar allah marah”

Selesai bahas pelangi aku keasikan cari tempat yang bagus agar buat foto halo matahari, sedangkan nabil sibuk ngikutin aku sesekali ngasih saran “cimm jangan kesana ntar dimakan rumput” saat melihatku mulai nggak sadar udah mepet ke semak-semak. Tidak lama kemudian nabil bilang “cim lihat deh nenek kok makan rumput?” tanya nabil dengan senyuman khas nya. Aku bigung dengan ucapan nabil, dia menunjuk kearah pusara mama yang kebetulan emang didepan rumah. “Nenek bilang sama abil, kalau abil harus bersihin kuburan nenek, gitu cimmm”, aku gugup, mencoba menguasai diri dan bersikap biasa agar bisa menanggapi kata-kata nabil.

“nenek bukan makan rumput bil, ni rumputnya udah mulai tumbuh, emg harus dicabut, (sambil nyabut rumput)” kataku.

“ini juga harus dicabut cim” (sambil nyabut daun bunga yang udah mati),  cim tadi nenek nanya sekarang jam berapa, trus abil jawab sekarang jam 10″

“ngapain nenek nanya jam?” tanyaku pura-pura heran

“nenek mau sholat katanya cim”

“bil yang ini musti disapu lho”.

“kalo gitu abil ambil sapu dulu ya cim” Separo jalan meninggalkanku, abil balik dan bilang “cim kalo nenek nanya sekarang jam berapa, bilangin sekarang Jam 10 yaa”

(bengong) -,-“

Selesai bersih-bersih makam mama, nabil bilang “cimm nenek difoto juga donk, nenek lagi liat pelangi juga hehe”, aku nurut aja kata-kata nabil.

Tingkah Nabil pagi ini bikin mataku berkaca-kaca.😦

33 thoughts on “Celoteh Nabil

  1. Namanya juga anak kecil za, belum tau apa-apa. Referensinya kadang diambil dari filem yang ditonton… hikmahnya mungkin melalui anak kecil itu kita diingatkan untuk kembali ingat masa lalu dan tak lupa untuk selalu medoakannya agar nenek nabil damai di alam sana…🙂

  2. Danni Moring berkata:

    bacanya langsung diem saya…membayangkan dia ngomong gitu tentang neneknya…pinter si nabil ya..

  3. Nabil lincah ya,mbak Za?
    Minum susu apa sih dia? *mbahasancalonemakemak*😀

    Naaaabiiiilllll..
    kenalan nyoooook!!
    *salaman*
    My name is Raya, im not telorist😀

    • haha..nggakkkk dia nggak punya indra keenam,,ketujuh,,atau seterusnyaa…dia tu cuma ngawur aja,,, atau mungkin juga itu mimpinya dia… yah namanya juga anak kecil,,imajinasinya aneh2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s