Abrasi Pantai Sasak

Pantai Sasak

Pantai sasak adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang indah yang berada di  Kabupaten Pasaman Barat.  Namun beberapa waktu terakhir keindahan tersebut sempat terusik karena adanya abrasi pantai yang semakin hari semakin meluas hingga menghadang rumah-rumah penduduk.

Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. (wikipedia)

Sebagai orang yang tinggal di perbukitan pantai bagiku adalah hal yang sangat istimewa. Aku selalu excited kalau ke Pantai, suatu tempat yang bisa menyeretku untuk menyentuh palung-palung terdalam kalbuku:mrgreen:, suatu tempat yang bisa menumpahkan segala rasa, suatu tempat yang membuatku tidak pernah mampu menggambarkan keindahan ciptaNya. Aku suka pantai, tapi bukan ini yang ingin aku ceritakan. Pre memori ..!

Abrasi

Abrasi

Abrasi  ini telah mengakibatkan 22 rumah warga rusak berat, 84 unit pondasi rumah warga sudah berada dibibir tebing pantai, dan 23 unit rumah terancam. Kerugian ditaksir mencapai mencapai 1,5 Milyar. Warga yang berada di jorong setempat bakal direlokasi, karena warga sudah merasa tidak nyaman.

Kini Musibah abrasi pantai sudah mulai merambat ke Pemakaman Warga. Makam-makam hancur, tengkorak dan tulang belulang serta kain kafan bermunculan dari dalam tanah. Hampir setiap hari masyarakat setempat menemukan rangka manusia. Hingga saat ini sebanyak kurang lebih 20  mayat yang sudah dikuburkan itu dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Bukan itu saja benteng peningga­lan Jepang yang merupakan situs sejarah juga ditemukan diantara tumpukan pasir pantai akibat pengikisan yang terjadi terus menerus ini.  Se­hing­ga warga dari luar daerah ada juga yang sengaja menyaksikan terjang ombak ke kuburan dan lobang pertahanan Jepang tersebut.

Lubang Jepang

Lubang Jepang Bagian Depan

Untuk mengatasi permasalahan ini untuk sementara pemerintah telah mendirikan tenda tenda darurat,  mensiagakan perahu karet, menyediakan lokasi lahan  19 hek­tare untuk pemakaman ulang, dan juga akan dibangun Batu grib pemecah ombak.

Semoga ya, musibah ini bisa cepat berakhir dan bisa diatasi secepatnya.. amin😉

ohya bagi yang nggak takut, silahkan lihat video tengkorak yang ditemukan akibat abrasi ini di sini :-)

#sumber http://padangekspres.co.idhttp://hariansinggalang.co.id, wikipedia

 

53 thoughts on “Abrasi Pantai Sasak

  1. waaaaaaaaaaaaaah, baru kali ini lihat abrasi sampai parah begini (sbelumnya blm pernah lihat), semoga cepet selesai masalah ini, trus tuh lubang jepang mau diapain???
    vidoenya serem gak nih??? kira2 kl lihat bisa buat gak bisa tidur gak???

  2. serem juga ya. tapi itu goa jepangnya baru muncul setelah abrasi atau sebelumnya udah kelihatan walau dikit? pasti jadi objek wisata yang menarik kalo bisa dimasuki.

    • goa jepangnya terkubur didalam pasir mas…sblumnya sm skli tidak kelihatan…
      skarang sudah byk yg mengunjungi…menarik soalnya..ddlmnya ada ruangan2..🙂

    • iya mas danni..mdh2n upaya utk mgtasinya segera dilakukan…kalau gak abrasinya bs smkin mluas kan….apalagi cuaca akhir2 ini kurg bershabat🙂

  3. Asataga.., itu gambar kq sampe segitunya sih mbak..😦

    Tapi syukurlah bila pemda setempat sudah mengambil tindakan meskipun itu untuk sementara ataupun selamanya.
    Dan untuk selanjutnya kita ikut melibatkan diri atau sekedar nunggu saja hasilnya nanti..hayo.. :mrgeen:

  4. Ya Allah kayaknya sudah terlambat kalau memasang pemecah ombak ya..Semoga pemerintah cuma gak menyediakan tenda tapi mencari solusi permanen, penduduk disini diungsikan atau abrasinya diatasi..

  5. salh stu keindahan alam yg diamanatkan oleh Sang Pencipta kepada manusia….
    selayaknya manusia selalu menjaga keseimbangan alam ini… semoga cepat berlalu musibah ini…

  6. lubang Jepang itu nembus kemana?? kayak Gua Jepang di Bandung dan Bukittinggi ya? keduanya nembus ke lokasi yang jauhhh..banget! Kalo yg di Bandung katanya nembus ke Maribaya. Nah..kalo di Bukittinggi nembusnya ke depan Ngarai Sihanok

    • Kalo disana kyknya nembus juga mbak,, cumaa lubang itu tertutup pasir semuanya…, kalo ada yang mau gali2 pasirnya bisa jadi objek wisata juga tuh mbak😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s