Gangguan Tidur Sleep Paralysis

drijikuonline.blogspot.com

Semalaman lagi-lagi dapet jatah ketindihan/sleep paralysis waktu tidur. Kali ini bener-bener bikin stress masalahnya sekarang dikamar udah sendiri lagi karena kakak yang biasa bareng udah pindah. Sebenarnya dulu juga sering sendiri sih dan juga sering kena sleep paralysis, tapi tetap aja butuh keberanian tinggi buat ngumpulin nyali dan berfikir positif.

Sleep paralysis sudah pernah aku bahas di postinganku duluuu banget (cek disini), yaitu suatu gangguan tidur dimana ketika kita terbangun tiba-tiba namun tidak bisa bergerak dan susah bernafas. Biasanya hal ini dikaitkan dengan hal-hal mistik seperti ketindihan setan .

Sebenarnya penjelasan ilmiahnya udah jelas banget, kalau ketindihan itu sebenarnya kejadian dimana seseorang berada dalam tahapan tidur lelap yang dalam dimana ketika dalam tahapan tidur lelap ini otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh, sehingga ketika tiba-tiba terbangun sedangkan intruksi belum sampai keotak dengan kata lain kita lumpuh sementara.

Tetapi tetap saja sisi mistisnya terasa lebih kental😦 karena ketika ketindih biasanya dibarengi dengan halusinasi yang cukup menakutkan. Sejauh ini pengalamanku belum pernah sih seperti melihat bayangan-bayangan atau sosok makhluk (Alhamdulillah) hanya berupa suara-suara atau suasana yang agak mencekam. Namun malam kemaren pertama kalinya aku merasakan halusinasi sentuhan ini cukup bikin shock tingkat nasional yang akhirnya gak tidur sampai pagi.😦

Apalagi ketika mengalami sleep paralysis nafas serasa sesak  seperti kekurangan jatah oksigen, detakan jantung terdengar jelas, bisa melihat sekeliling tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Mengerikan memang, biasanya itu terjadi 2-3 menit tergantung kepintaran bisa bebas dari situasi mencekam itu. Bayangkan kalau sampai 5 menit mungkin bisa aja lewat. Oh no…!

Gangguan tidur ini begitu mudah menghantuiku sejak mulai duduk di bangku kuliah sampai sekarang.  Karena waktu itu juga pertama kalinya jauh dari rumah dan tidur sendiri, sebelumnya tidur sama mama😀 . Ketika orang bilang cuma pernah mengalaminya sekali atau dua kali,,aku mungkin udah nggak kehitung. Tapi terlepas dari segala sisi mistisnya dari pada mati berdiri ketakutan mikir yang enggak-enggak lebih baik pro sama pandangan ilmiahnya saja. Toh
gangguan ini sama dengan gangguan tidur lainnya seperti, mengigau, mimpi sambil jalan dan gangguan tidur yang mengerikan lainnya.

Setelah baca-baca dan pengalaman sendiri ada tips buat mengatasi dan mencegah ketindihan/Sleep Paralysis :

  1. Sebelum tidur wudhu dulu.
  2. Usahakan tidur dengan posisi dan tempat senyaman mungkin, sebaiknya posisi tidur tidak telentang (bukan telen tang:mrgreen: ), dan sebaiknya menghadap kekanan.
  3. Lalu mengumpulkan 2 telapak tangan dan bacakan surat al ikhlash,al falaq,dan an nash kemudian dgn 2 telapak tangan mengusap tubuh yg dapat dijangkau dengan nya. Dimulai dari kepala,wajah dan tubuh bagian depan 3x lalu membaca ayat kursi,membaca 2 ayat terakhir dari surat al Baqarah.
  4. Sebaiknya tidak tidur dalam keadaan yang sangat lelah.
  5. Hindari stress dan kecemasan-kecemasan sebelum tidur, biasanya ini pemicu paling cepat.
  6. Bila mengalami sleep paralysis tarik nafas dalam-dalam, atur pernafasan. Jangan menyerah dan terus berusaha menggerakan anggota tubuh terutama jari-jari. Karena biasanya jari yang paling mudah. Dan jangan lupa baca ayat kursi dan terus berdoa.
  7. Jika mulai merasa seperti akan mengalami sleep paralysis coba bangun dan lakukan gerakan-gerakan kecil, serta ubah posisi tidur.
  8. Kalau sudah terbebas jangan takut dan cemas, anggap saja itu mimpi buruk, minum air putih, istighfar.
  9. Kalau takut tidur lagi, boleh hidupin laptop, mau online atau nonton silahkan yang penting jangan terlalu difikirkan.  (huuu gayanya kayak berani aja😆 )

    Bagaimana dengan sobat blogger?? Pernah punya pengalaman yang sama kah??

87 thoughts on “Gangguan Tidur Sleep Paralysis

  1. waaaahhh.,.,acok uni mimpi taimpik,.,.samo tu mah ni,.fiq acok juo,.malah ndak bisa dihitiuang lah bara kali.,.hahaha.,.caronyo hampia samo wak ni,.cuma fiq ndak berusaha manggarikkan badan,.wkwkwkwk.,.

    • tu baa fiq???? klo kanai impik tu diam se fiq??? bukanyo sasak angok wak dek nyo???
      hehhe brrti sm wak y fiq…
      apo se yg pernah nmpak fiq? bagi2 lah hehe

      • iyo uni fiq diamkan beberapa saat,.kan klo dilawan jadinyo susah gerak,.klo didiamkan nyo ikuik dilunggakan lo..tu baru disentakkan badan,.iyo ni sasak angok,.tapi kalo dilawan taruih makin sasak angok dibueknyo.,.
        klo yang nampak cuma sekitar kamar ni,.yang seram pernah sakali waktu kost bimbel.,itu ndak bisa lalok mato lai.,karna memang nyata nan taliek tu.,wakaka
        tapi klo liek urang yang sedang mengalami ngeri juo uni.,

      • wah berarti sm wak,,uni yang nampak sektr kamar lho nyo,,,dan mdh2n dak akan pernah nampak yang aneh2 do…
        acok fiq maraso gtu yo??
        emang pernah fiq liek urg yg sdg mengalaminyo?
        uni ktiko kyk tu dak pernah ada urg yang nampak do,,soalnyo pasti rato2 sdg lalok lamak haha

      • wahaha.,.,sakali waktu bimbel c fiq nan manampak yang agak aneh uni.,tapi selebihnyo yo sekitran kamar c.,.,amin mudah2an
        lumayan ni klo fiq lah lalok siang sebelumnyo, atau dalam keadaan ndak ngantuak bapasoan lalok.,.,kakaka
        pernah liek.,kebetulan kawan sakamar,.wah tagak bulu ramang deknyo walaupun pagi.,.kek urang kesurupan gtu.,.hwhwhw

  2. Larasati berkata:

    alhamdulillah larass klu tidur kebo banget yah mba izzawa jd belum rasain begini insya allah jgn ampe yah hehehe

  3. Biasanya kalau kita sudah bangun sejenak kemudian tidur lagi kondisi seperti ini tidak akan terulang. Namun melakukan tips di atas sebelum tidur akan lebih baik lagi bagi kita.

  4. wah aku pernah juga mengalaminya beberapa kali, tetapi ada satu yang sangat teringat karena memang terasa banget seperti ada yang nindih, terus seperti ada hembusan nafas di dekat telinga gitu, terus seperti ada yg meraba-raba gitu. rasanya horror … sampai sekarang masih teringat terus.😀
    makasih tipsnya mbak …

    • sama2 mas,,,
      halusinasinya memang menakutkan mas,,,
      malahan ada peneltian bahwasanya gangguan ini sebenrnya tidak berbahaya seperti menyebabkan kematian,,,cuma bahayanya ke psikis yang mengalami…
      smoga saja kita terhindar ya mas…
      aku penakut banget soalnya😦

  5. dulu sering tindihen, saking seringnya jadi hal yang biasa. Tapi aku dah lupa kapan terakir tindihen. Tipsnya bagus untuk yang mau tidur, tapi kadang bagi yang dah ngantuk berat hal itu kadang lupa.

  6. rumah saya dulunya disinyalir banyak penunggunya (ya iyalah yang menghuni 5 orang ditambah 2 kucing, beratus-ratus atau mungkin beribu nyamuk, dan kadang cicak juga mampir), so ketika awal-awal menghuni banyak yang tindihan. sebenarnya hal yang lucu juga untuk cerita (soalnya sudah ga tindihan lagi. coba masih… hiii)….
    Cara mengatasinya hampir persis plek dengan saran mbak Izawa, ditambah kalau bangun meludah (dikit aja) ke arah kiri sesuai yang diajarkan oleh nabi, lalu istighfar…. kalau mau tambah jos ya ditambah menghafalkan albaqarah sedikit demi sedikit…🙂 (Ini sarah pak Ustadz yang ngisi pengajian di deket rumah)

  7. Pernaaahh, dan malah disertai mimpi tubuh saya dimasuki cahaya berwarna gelap, keluar deh “ilusi” pikiran seolah karena makhluk astral padahal “SP” hanya kondisi ilmiah saja,😀

    So far memang dengan tetap rileks dan niatkan Terminasi, kalau sedang SP, hihi…:mrgreen:

  8. hahaha. . .
    kalau baru ngimpi yang seperti itu tuh langsung lemes, mba.
    Akus eringmimpi dikejar2 pocoong, atau tidur disebelah posong,.

    Ngomong aja tak bisa, apalagi mau lariii.😆
    Eh, tipsnya ok juga tuh, Mba.🙂
    Beberapa sudah kupraktekkan dari dulu.🙂

  9. Aku juga berapa hari lalu abis tindihan.
    Dan toss, aku tindihan pertama kali pas masuk kuliah, dan ke sini gak cuma satu dua kali doang T.T
    Tapi ya gak sering juga.
    Gak liat aneh2 sih, tetep ajaaa tapi rasanya gak enak, wehehehehe~

  10. hmmm sleep paralysisnya pas tidur ya izza? biasanya sleep paralysis itu seperti perasaan sadar sepenuhnya (ga bisa gerakin badan) padahal kita tidur, gejala lainnya tindihen itu ya. Pengobatannya sebenernya ga ada karena memang tidak perlu, hindari stress, buat pola tidur yg lebih baik, tapi kalau takut feel free to visit the doctor izza🙂

  11. El suka ngalamin seperti itu kebanyakan di waktu pagi, setelah shalat subuh trus tidur lagi, nah di waktu2 itulah El suka seperti begitu.
    perasaan sudah mau ngambang meninggalkan jasad tapi susah, lengket, tulung punggung serasa panas..

    Tapi biasa aja sekarang2 mah.

    dulu mah iya takut.
    istilah sunda nya ” Ka Cekek Euleup – euleup.”
    menjerit pun gk bakal bunyi pita suarA kita.

    Setelah tau ternyata itu ada salah satu saraf terhimpit dg pisisi tidur yang tidak bolak balik.

    Jangan takut ya …. !

  12. Untungnyaa saya belum pernah..
    Kalau saya ndak begitu banyak tips.., cukup hanya menyebut Asma Ke-Agungan-Nya hingga terlelap kemudian bangun lagi. sebab tanpa itu saya ndak bisa tidur..🙂

  13. imatkalimahi berkata:

    Salam kenal mbak…
    Saya sih ngak pernah ngalamin sleep paralysis…cuma saya pengalaman banget nga bisa tidur, hehe..punya tips-nya ngak biar seneng tidur?
    Makasi..

    • Nggak bsa tdur itu insomnia ya…wah itu juga termasuk salah satu gangguan tdur lho…hmmm tips nya apa ya…oh ya mnum susu aja sblum tdur krn kt org bsa menyebabkan ngntuk🙂

  14. Iya, Mbak, saya juga pernah tindihan, dan tips di atas itu lho, setuju banget….
    Makasih ya, Mbak, telah berbagi hal yang jarang dibahas orang ini, tindihan, ternyata Sleep Paralysis to, saya baru tahu… hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s