Sarjana Matematika??Mau dibawa kemana??

Pasti kesal ya, kalo latar belakang pendidikan kita dipandang sebelah mata bagi orang2 yang kutilan matanya.  Ini biasa terjadi kalo jurusan atau latar belakang pendidikan yang kita ambil :

  1. Tidak begitu familiar atau dengan kata lain tidak begitu banyak peminatnya atau boleh juga dibilang punya passing grade yang rendah.
  2. Sedikit sekali lowongan pekerjaan yang mensyaratkan dengan latar pendidikan tersebut dengan kata lain tidak begitu dibutuhkan.

Kalau boleh mencontohkan salah satu jurusan yang mungkin masuk dalam kriteria tersebut adalah jurusan “Matematika”.  Kenapa jurusan Matematika karena yaaaaaa aku sendiri adalah lulusan Matematika😀 dan sebagai salah satu orang yang memilih jurusan ini aku sangat amat merasakan bagaimana sebuah ilmu Murni itu begitu dipandang remeh, dibandingkan ilmu terapan yang keren-keren seperti Teknik Komputer,  Teknik Informasi, Kedokteran, Statistik dan bla bla bla. Padahal ilmu-ilmu itu gak bakalan bisa kita kuasai kalo kita nggak mampu menguasai dasarnya.

Aku sering kali mendengar celetuk, “Matematika tu pelajarannya ngitung2 aja ya?”, “Ntar kalo kerja ngitung mobil lewat yaa…?”. Helllooooooo apa sih yang ada dalam pikiran orang-orang itu??? . Ok gini y, aku jelasin denger ya…..Matematika itu bukan cuma ngitung-ngitung seperti yang kalian bayangin, kita sebenarnya lebih terfokus kepada logika, analisis, bagaimana membuktikan sebuah teorema, membuktikan sebuah rumus, disamping itu kita juga belajar kok statistik, bahasa pemograman, Teori Graph, Quality Control dan lain-lain.

bukan cuma itung kayak gini

Emang sih aku akui Matematika bukanlah ilmu yang siap jadi, karena namanya aja ilmu murni masih mentah namun jangan salah orang matematika cenderung mempunyai analisa yang lebih baik, untuk bahasa pemrograman biasanya orang matematika logika nya lebih bagus dari pada yang lulusan sistem komputer karena mempunyai dasar yang lebih kuat. (ehm)😀

Nah ketika dihadapkan pada dunia kerja orang-orang Matematika pasti pada galau dan labil mau ngelamar kemana, biasanya pilihan yang paling banyak setelah lulus yaitu mengambil akta 4 mencebloskan diri jadi guru sekalian atau mungkin ambil s2 jadi dosen. Atau ada juga yang lebih kreatif ngambil s2 dengan jurusan aplikasi dari Matematika seperti Ilmu Komputer, Statistik, dan tata boga eits..yang terakhir kayaknya ngarang deh. Untuk yang udah berani tampil mereka mungkin saja akan mencoba melamar jadi guru les privat di sebuah tempat bimbingan belajar, atau melamar di perusahaan Bank-Bank tentunya harus ditambah dengan wajah yang unyu, dan keterampilan berbicara yang ok punya karena saingannya anak ekonomi, anak akutansi yang memang udah lahan mereka.

Opsi lain juga bisa mencoba melamar di perusahaan lising biasanya ada tuh nerima lulusan matematika tapi mungkin juga gak seberapa, perusahaan BUMN atau nunggu penerimaan CPNS sekalian. Cuma saingannya agak ketat karena dari sekian banyak formasi yang ada mungkin untuk sarjana matematika Cuma ada lowongan 2 biji…siap-siap tempur aja. Lucunya jika kamu udah lulus tes CPNS dan ditempatkan di keuangan jangan heran kalo ada yang nanya.

X: “kamu dulu jurusan apa?”

Saya:”Matematika buk/pak”

X: “kok ditempatkan disini”?

Saya:”menegeteheeeeekkkkk”

(kok kayak dejavu gtu ya???? Hikhihkhkih :p)

Emang ada yang salah gitu dengan jurusan aku dengan bidang tempat aku sekarang?. Padahal kalo didunia kerja latar belakang pendidikan yang kita punya sebenarnya hanya sekian persen dibutuhkan, selebihnya kita mesti belajar dari awal lagi ditambah dengan pola pemikiran, yang telah dibentuk dari ilmu yang telah kita emban dulunya (ya emban, bukan jamban).  Contohnya kalo kita jurusan matematika pola pemikiran kita pasti lebih suka menganalisa, suka sesuatu yang terstruktur..(maaf aku Cuma bisa mencontohkan orang matematika :p).

So para alumni matematika, aku yakin udah banyak yang sukses entah itu yang masih tetap konsisten dengan ilmunya atau nggak yang pasti kita punya logika dan analisa yang mantap. J Dan yang masih mau menjejaki dunia pekerjaan aku mau ngasih tau….dunia kerja itu kejam sama jurusan kita kawanndddd!! So lawan saja dengan rumus persamaan differensial biasa, hitung limit tak hingga nya, pukul dia dengan integral, prosotin dia ke sigma biar pusing……. Jangan nyerah pokok e…maknyus !! (g nyambung).

285 thoughts on “Sarjana Matematika??Mau dibawa kemana??

  1. Rofi Setyo P berkata:

    Sya Baru jd mhsiswi mtka murni yg di trima lwt jalur undangan,,unsoed…
    Artikelnya mba bagus….Salam kenal ya mba…

    • semangat…jangan nyerah walaupun jurusan mu terkadang dipandang sebelah mata…
      karena sebenrnya orang matematika itu jenius..tinggal kita aja bisa mengkombinasikannya dengan ilmu lain..
      so semangaatttt🙂

    • lho kenapa gak yakin??
      kamu kenapa milih jurusan matematika???
      yakin aja, karena matematika itu asik….🙂
      kalau kita yakin, dan sungguh-sungguh apapun jurusan kita pasti kita bisa mencapai apa yg kita inginkan..:-)

  2. demitria berkata:

    saya matematika murni ugm, masih bingung dengan peminatan mana yang harus dipilih,apakah kalau ambil analisis, S2 nya bisa ambil ke statistik/ilmu komp/ekonomi?
    Atau saya harus ambil terapan?

    • sebenrnya sih bisa aja…tpi kalo kamu pgen ambil s2 statistik kan lebih bagus lagi kamu ambil peminatannya statistik juga, kalo analisis kan lebih ke teoritis…
      nah kalo mau komp/ekonomi kamu mending ambil terapan,,karena cakupannya lebih bagus lagi, kamu bisa belajar akutansi, aktuaria, komp, pemograman dan lain2..🙂

      • diterapan biasanya kita belajar tentang aplikasi matematika dalam ilmu bidang lain..misalnya di keuangan, perbankan, aktuaria, kontrol optimal, juga pemograman…termasuk juga statistik….
        kalo lowongan kerja nya sih banyak… tergantung kamu saja pintar2 mengoptimalkan apa yang kamu punya…good luck ya🙂

  3. risma berkata:

    hehehe…
    comment’a lucu2…
    artikel’a bagus bgt mba…
    salam kenal bwt smw’a…
    saya risma dari matematika Unsoed angkatan 2008…
    lg nyusun skripsi tp sama ortu dah dserang dg pertanyaan2 ttg pekerjaan stelah lulus nanti..
    campur aduk n bingung jwb’a krn ort tw’a mtk y ujung2’a ngajar..
    hehehe…
    (^.^)

  4. hendar nugraha berkata:

    artikelnya bagus mba. dulu pas saya baru diterima di matematika IPB udah ditanya sama orang tua mau kerja dimana, dulu saya masih bingung, tapi setelah sekarang kuliah banyak informasi dari dosen & kakak tingkat ternyata sekarang luluusan matematika lagi banyak dibutuhkan dibidang aktuaria, dan banyak lagi lapangan pekerjaan lainnya.
    semoga sukses bagi semua mahasiswa & lulusan matematika🙂

    • iya mas….
      sebenrnya lulusan matematika punya dasar logika yg bagus..dan bisa masuk ke semua bidang pekerjaan..karena pola pikir mereka biasanya lebih sistematis..
      sukses buat semua lulusan matematika…
      sukses juga buat kamu
      hidup matematika!!!!;-)

  5. Saya dulu pengen masuk matematika malahan Mba Izza. Etapi kenyataan berkata lain. Setuju banget klo matematika mengasah logika. Jadi kalo mau cari orang pinter logika, mestinya orang matematika.🙂

  6. wisnu berkata:

    Ptnyaanya knp lowongan pkrjaan gk mncari org mttka jk org mttka pnter analisis n logika?
    hdup prlu pkrjaan to? kbnyakan alumni mttka banting stir jd guru mttka?

      • fanny berkata:

        yakin lowongan pekerjaan g mencari org mtk??

        aktuaris lg dicari loh,,, dibutuhkan di perusahaan,, dan itu dr org mtk..

  7. Jangan lupa ikat mereka dengan Deret Fourier, dijamin mereka bakal pusing gak bakalan bisa tidur ahahahaaa…
    Kita semua sudah tercipta dengan rizky & jalan masing2 dari Allah SWT. Berikan saja yang terbaik & bermanfaat bagi sesama. Jangan takut untuk menghadapinya, mari berkarya. Insyaallah pasti ada jalan buat kita semua.
    Yakinlah kawan !🙂

    Alumni Math Unair.

  8. saya lagi di tahun ketiga kuliah di jurusan matematika USU.
    sempet ngerasain hal yang sama juga mbak, banyak yang sering ngira kalo yang saya ambil matematika keguruan, padahal matematika murni😦
    walaupun kemaren pilihan ke sekian, sekarang udah nyaman banget kok di sini😀

    salam kenal mbak🙂

    • semangat ya fit…
      semua jurusan itu bagus kok..bgtu juga dengan matematika murni yang pada dasarnya dipandang sebelah mata karena sedikit sekali yang membuka low untuk lulusan s1 matematika
      tapi semuanya tergntung kita..kalau kita mau dan sungguh2..pasti selalu ada jalan untuk berhasil🙂
      sukses yaa

  9. indahwati berkata:

    anak saya baru masuk jurusan matematika di METU Turki ….tahun 2012 ini…saya sempat berfikir dimana nanti dia bekerja….Setelah saya byk bc artikel…ternyata ada tempat utk sarjana matematika….Dan benar bahwa semua anak memiliki suratan tangan dan rezeki msg msg ….

    • iya mbak,,,setiap jurusan pasti ada lowongan kerjanya,,tinggal kita aja yang lebih gigih lagi menjadikan ilmu yang kita punya bermanfaat buat orang lain..
      sebenarnya matematika itu bisa masuk bidang apa saja mbak…
      apalagi penerapannya lebih banyak lagi..
      semoga anak mbak sukses nantinya ya..🙂
      kalau kita bersungguh2 pasti bisa mbak🙂

      • indahwati berkata:

        amin…ya robbalalamin…cuman anak saya msh kesulitan di kalkulus…..krn msk kuliahnya terlambat satu bulan …kesalahan”visa”. Mid semester tadi nilainya msh kurang memuaskan…kira 2 bs nggk ank saya mengejarnya…dan bs dpt nilai yg memuaskan….

  10. Kharizma berkata:

    Thanks mbk atz info n smngtny, skr sya lbih term0tivasi, soalnya lg galau mw pindh jrusn ke pgsd,, hmm matematika smga jd jlan keberhsilnq..:-)

    • aku masuk matematika lewat jalur SPMB danik..
      lalu ikut tes PNS yang kebetulan menyediakan 1 formasi buat lulusan matematikan…
      yang penting kamu rajin dan jangan mnyerah buat masukin lamaran…
      biasanya yg menerima jursan matematika itu perusahaan lising, perusahaan asuransi…

  11. Wach ini artikel bagus banget…. Saya juga lulusan matematika murni.. awalnya kebingungan mau di bawah kemana jurusan ini. Akhirnya sebar lamaran saja di jobstreet dan di perusahaan2 lokal. Akhirnya saya di panggil dan bersaing dengan orang2 dr jurusan lain. Pas test psikotes mulai dari hitung cepat, logika verbal dan ketelitian saya mampu menyelesaikan dengan baik terutama hitung cepat kan orang matematika dah tau tehniknya hehehe. akhirnya saya keterima jadi kepala toko di suatu minimarket masa kontrak 6 bulan hbs sy resign ingin cari yang lebih ok. Dan akhirnya sekarang keterima jadi manager dari supermarket. Soo buat anak2 matematika jangan pada galau y. Jurusan kita banyak dibutuhkan..

  12. zuhri berkata:

    sepertinya apa yang ada di artikel ini udah pernah saya jalani, malahan sedang dijalani, pernah juga daftar CPNS BPS, ga nyangka soal yang keluar malah Undang-undang ama tanggal lahir, mana kutau, he3x. yang pasti asyik kuliah di jur Math, walaupun ga tau bakalan kerja dimana, yang pasti rezeki itu di tangan Tuhan, lebih baik jadi bos di perusahaan keripik singkong, ketimbang jadi anak buah di perusahaan dengan lebel Tbk. gitu. Mudah2an dengan logika dan analisis selama di Departemen Matematika dapat membuat kita jaya… thank buat Izzawa

    • setuju banget sama kamu….
      iya setiap org udh punya rezekinya masing2🙂
      tinggal kita saja berusaha dan yakin serta bersungguh2 dengan apa yg kita pilih🙂

  13. artikelnya good mba..🙂
    mau tanya dong, kalau ambil matik murni abis lulus gabisa jadi guru ya ? harus ambil kuliah pendidikan lagi??
    teruskalo ambilnya matik murni emg bsa ikut CPNS?
    mohon penjelasanya yaa.. thanks

    • nggak bisa…kalo matematika murni mau jadi guru mesti ambil keguruan dulu kira2 1 atau 2 tahun..
      atau kalau tetep mau ngajar mending kamu ambil s2 aja biar jadi dosen🙂
      kalau matematika murni tetep bisa kok ikut CPNS…aku matematika murni lho..skrg kerja di bag.keuangan pemda..
      cuma formasi untuk s1 matematika agak dikit🙂
      good luck ya

      • kalo aku kmren formasi untuk s1 matematika yaitu statistisi,,tapi dilapangan aku nggak sedikitpun bekerja tentang statistik..hihi..
        yah kalo kita kerja intinya kita kembali belajar,,😀

  14. nandang berkata:

    salam MAMATH!!!..
    bagus bgt mba artikelnya.. saya baru lulus alhamdulilah di jurusan matematika juga.. rencananya pengen skolah s2 tapi yg terapan .. kalau terapan statistika ada nya di universitas mana aja y mbak.. mohon inpo na ya kalau bisa.. nuhunn..:)

  15. arom septyani berkata:

    wah hebat juga yaa bisa dpt kerja di pemda bag. keuangan lagi. .🙂
    kuliah nya dimana mb? aku masih galau nih mau lanjut kemana. . .dulu ambil jurusan matik murni it kmauan sndri atau dorongan org lain? thanks

    • kmauan sendiri,,,karena aku rasa matematika nggak perlu ngafal,,,cuma rajin bikin latihan aja…
      asik kok kuliah matematika
      dan alhamdulillah…ketika ada penerimaan CPNS aku keterima di bag. keuangan🙂

      good luck yaaa

  16. Mirwan Saputra. T berkata:

    Mbak!!
    Z bru mw msuk universitas dengan jurusan matematika tpi tkut pekerjaan ap yang akan Z dapt….
    tlong mbak infonya????

    • banyakkk …jangan khawatir selama kamu sungguh2 belajar selama kuliah…
      matematika itu asik…
      dia bisa merambah dunia IT, dunia Keuangan dan juga statistik,,,
      ibaratnya matematika ilmu serba bisa..
      tinggal kamunya aja pintar2 mengaplikasikannya…
      yang pasti orang matematika itu analisanya bagus

      • Hmmmmm…..
        ini dia satu diantara orang2 yang sukses berjurusan matematika.

        saya sangat setuju dengan analisa org matematika memang lebih akurat.

  17. milda berkata:

    Halo kak, ak thun ini insyaallah mau nglanjutin k math murni ugm.🙂
    llusan math murni lwongan krjanya sdkit y mb?
    klo llus ga bsa ngajar dong?
    tp klo pend. math, itu selalu jd guru atau bisa msuk krja yg lainnya y lbih luas kya math murni?
    makasih.🙂

    • kalo kamu merasa yakin ngelanjutin matematika murni, ya jalani aja sungguh2
      karena sedikit atau bnyaknya lowongan itu nantinya tergantung juga pada ilmu yg kamu dapat..
      sebnrnya matematika murni itu byk lowongannya, cuma tergntung kamu aja bisa mengaplikasikannya pada bidang2 yang banyak lowongan kerjanya, karena matemtika itu dibutuhkan karena aplikasiny,,, contohnya sprt komputer, pemorgraman, statistik, keuangan, kualiti kontrol..
      kalo pendidikan matematika udah pasti jadi guru🙂

      sukses buat kamu ya😉

  18. Anggita Elfrida berkata:

    Artikelnya bagus bangeeeeeeet jadi makin yakin buat ambil matematika murni ><
    Awalnya masih galau, jalur undangan udah deket tapi aku belum yakin mau masuk mana, tapi setelah baca artikel ini insyaallah mantep ambil matematika murni ITS :))
    terima kasih artikelnya membantu sekali…

  19. TsaniaChan berkata:

    Wah, kereeen..
    Tahun ini aku mau lanjut kuliah kak, tp masih galau. Pengennya sih ambil Math juga, tp Math pendidikan atau murni.
    Bisa kasih saran kak? utk lowongan kerja ke depannya🙂
    Makasih

  20. Muhammad yusuf Rio Saputra berkata:

    asslamu’alaikum … bgini mbak.. saya hoby bgt mtk, tetapi saya tidak pngen jdi guru .. sdang kan di daerah saya yg ada hanya FKIP MTK … apa bisa jurusakn FKIP MTK gk jdi guru .. trus cri kerjanya di perusahaan2 ??? terima ksih …

    • hmmm setahu saya kalau jurusannya keguruan emg ditempatkan di kegiatan belajar mengajar rio
      jarang sekali perusahaan yang menerima jurusan yang latar belakangnya pendidikan (S.Pd)
      karena pada dasarnya Sarajana Pendidikan udah ada lahannya masing2
      menurt saya mending kamu jalani aja dulu…asik lho jdi guru,,dan satu hal lagi kesempatan kerja buat guru itu lebh byk dari pada matematika murni
      dan skrg pun guru lebih sejhtera, gaji nya lebih berkah😀
      sukses buat kamu ya🙂

  21. KunediElJavany berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Mohon maaf ikut nimbrung,,
    Salam kenal.sy dr Math IPB.
    Insya Allah bnyak lowongan kerja utk sarjana matematika.
    Dan ketika Kita mau mendirikan sbuah udah/jadi entrepreneur pun org mate jago dlm analisis pasar dsb,asalkan kita mau belajar juga ilmu/ktrmpilan lain yg dirasa dprlukan,,

    Slama kuliah,sy ambil bbrapa mata kuliah dr jurusan lain,diantaranya Negosiasi&Advokasi bisnis, sistem informasi, basis data, pemasaran sosial, kewirausahaan,studi kelayakan bisnis..
    Semangat🙂

  22. hahaha…sepertinya saya juga nimbrung nech yang lagi galau cari kerjaan. aq juga anak S1 matematika UM angkatan 2009..rencananya baru mu wisuda maret ini.
    di mana aja insyaallah matematika bisa,soalnya saya bertemu dengan beberapa orang yg kerja d pemerintahan,,matematika dibutuhin soalnya kritis, analisanya kuat, sistematik, sama logikanya bagus.
    (muji lulusan matematika nech :p)

  23. ranaa hasnaa berkata:

    aku anak sma yang mau mendaftar di jurusan matematika tapi aku masih bingung, takut direndahin sama keluarga jika aku tak mampu

  24. Manuel S Marbun berkata:

    Mahasiswa Matematika itu bagaikan “Kartu Joker”. Kemana aja bisa.
    Dimana ada angka, disitu dia bisa kerja dan memperkerjakan.

    Saya Manuel S Marbun, Mahasiswa Matematika USU 2010, Bidang Operasi Riset.
    Operasi Riset adalah ilmu yang sangat diperlukan para pengusaha untuk memaksimalkan keuntungannya dan meminimalisir biaya atau sumber daya yang dia gunakan.

    Maaf kalau saya malah memandang remeh negara saya sendiri, Indonesia. Kar’na, Indonesia terkesan enggan atau bahkan tidak mengandalkan Matematika dalam menggeser namanya dari kata “berkembang” ke “maju”. Di luar negeri (US), begitu banyak posisi/jabatan yang sangat membutuhkan Matematika. Salah satunya, Operations Research Analyst, cita-cita saya. Bahkan, banyak organisasi yang berbasis Operasi Riset (salah satunya Institute for Operations Research and the Management Sciences: klik informs.org).

    ***
    Itu salah satu “Kekuatan” Matematika. Untuk lebih lengkap, klik weusemath.org
    Kamu yang “belum mengetahui Matematika” akan menyaksikan sejumlah besar karir yang berbaasis Matematika.
    ***
    Tetap semangat buat Izzawa.🙂

    …Salam epsilon…

    • terima kasih banyak sudah berbgi manuel🙂
      aku sangat senang membacanya, emg benar sekali apa yang kamu bilang,,,
      hal itu emang sangat aku rasakan, apalagi sewaktu melamar pekerjaan sangat sedikit permintaan untuk s1 matematika…

      wah waktu kuliah aku juga belajar kayak operasi riset itu, cuma matkul nya kalau nggak salah pemrograman linier, pengendalian mutu, juga pemodelan matemtika… dan itu kuliahnya asik banget…

      sekali lagi terimakasih ya manuel, semoga memotivasi bagi lulusan matematika yang lain🙂

      sukses buat kamu
      #salam epsilon#😉

    • eris anak unand juga ya/??? berarti junior uni ya??
      hehe kenapa berkaca2 eris?
      jangan sedih…kalau bukan kita sendiri yang membanggakan apa yang jadi pilihan kita siapa lagi
      ayo buktikan pada dunia hhhehe

      • iyap un, eris adek bpnya kak endang,, uni ka2k bpnya dajon ma daferdi kn?? hehe…
        iya un, hbisnya sebenarnya bingung jur matematika slain ngajar lownya
        apaan?? kalopun ada saingannya banyak un… hiks…😦
        tapi eris belum mau nyerah kok un…
        harus tetep smngaaaaaat…😀

      • hehe iya ris….🙂 wah jadi kangen kuliah uni..
        nah…bagus ris jangan pernah ada kata menyerah…selama kita mau berusaha dan tidak putus asa

  25. Ridha Rahmah berkata:

    saya seorang murid smk farmasi kelas 3 dan tahun ini ingin lanjut kuliah ke Matematika. Tapi saya masih takut dengan pekerjaan nantinya, bagaimana ya menurut mba? Apakah basic farmasi saya bisa dikombinasikan dengan matematika nantinya?
    Terimakasih

  26. Rona Fitriana berkata:

    Hadduh, Ridha senasib denganku.
    Aku juga lulusan SMK Farmasi, aku udah kerja 2 tahun. Sekarang aku bingung mau melanjutkan kuliah ke mana. Matematika salah satu pilihan aku. Daridulu aku paling suka matematika, tapi masuk kefarmasian supaya cepat cari kerja. Pilihan yang lain Kimia Analisis, jika ke Farmasi Industri sepertinya biayanya mahal sekali.

  27. indah wulandari berkata:

    saya indah dari matematika USU. skrang saya gi d semestr 4. di smester 5, kami harus memilih 1 bidang konsentrasi. di antara 4 bidang yg d tawarkan, indh ad 2 pilihan, antara matemtika murni n statistika. menurut kk, yg mna y yg prospek k depn ny bisa menjanjikan?
    slam knl utk semua ny🙂

    • kalo menurutku,,,,matematika murni itu lebih ke teoritis,,kayak pembuktian teorema2… biasanya nanti lap. kerjanya jadi dosen..
      kalo statistika itu lebih banyak lap. pekerjaannya indah..
      good luck ya😉

  28. artikel nya memotivasi sekali..
    salam kenal kak,
    aku tahun ini lulus, dan rencana mau ngelanjutin kuliah. tapi masih bingung sama jurusan. sebenarnya saya suka sama math, tapi saya ngga terlalu bisa. saya juga bingung kalo lulus sarjana mtk nantinya..
    kalo jur pend.mtk apa selalu jadi guru? & kalo mtk murni juga katanya lebih sulit ..??

    • kalau jur pend. emang untuk jadi gutu dewi..
      tapi kalau kamu ragu mending kamu milih jurusan yang kamu rasa lebih bisa aja…🙂
      sebenarnya nggak ada yang sulit sih selama kita mau belajar…mau kuliah apa aja intinya ya sama kita juga dew

      good luck ya buat kamu😉

    • nggak lah,,justru lebih asik soalnya nggak perlu ngafal,…🙂
      kalau skripsinya biasanya lebih ke prakteknya ,,,misalkan perhitungan itu digunakan untuk menghitung apa..nanti kita cari masalahnya,,lalu kita pecahkan dengans alah satu teorema atau perhitngan yang kita pilih…

      goodluck yaaaaaaa😉

  29. nurjanah berkata:

    waktu saya SMP sampai SMA saya suka sekali dengan pelajaran matematika karena buat saya matematika itu menyenangkan tapi sayang saya tidak melanjutkan kuliah waktu itu saya langsung kerja sekarang saya seorang ibu rumah tangga kalau anak2 saya ada PR matematika saya semangat ngajarin mereka.sampai sekarang masih ada keinginan untuk kuliah ambil jurusan matematika tapi apa mungkin? karena usia saya saat ini sdh 40 thn mbak.

  30. Assalamu’alaikum mba..kalau ambil jurusan pendidikan matematika..apa harus jadi guru aja..apa ada pekerjaan lainnya…selain jadi guru.

    • Kalau menurutku sih, kalau memnag sudah ambil pendidikan, ya lebih baik di konsenin ama ngajar aja mas..
      sekarang kehidupan guru lebih mapan lho😉

  31. arisma berkata:

    keren mbak tulisannya,
    saya juga alumni matematika murni ITS.
    sharing aja nih, buat temen2 math murni…
    pede aja kalo dah lulus, percaya kalo bisa

  32. arisma berkata:

    eh keputus komennya,
    saya barusan resign kerja dari bank syariah terbesar di Indonesia, krn lahiran dan suami mau mutasi.
    dulu saya juga “hampir” diterima di anak perusahaan nya astra, tapi saya milih bank krn kerjanya msh area surabaya dan pernah juga ditawari jd supervisor di nes*le.
    utk temen2 pendidikan juga bisa kok di bank.
    yg dibutuhkan itu orang2 yg bisa cepet maen logika nya. hehe
    so jgn khawatir, insyaAllah bisa.
    salam matematika!!!

    • maksih udah sharing ya mbak..smoga jadi penyemangan bagi lulusan matematika yang lain😉
      salam matematika !!
      sukses terus buat mbak🙂

  33. Happy Ganis berkata:

    Assalamu’alaikum,, Mbak… pendidikan matematika sma matematika murni tu lowongan pekerjaannya lbh banyak yg mna? n bgus yg mna,, hehe syukron

    • waalaikumsalam…
      kalau menurut mbak lebih bagus pend. matematika…🙂 karena kalau matematika murni lebih keterapan,,kita dituntuntt belajar ilmu matematika yang ada penerapannya pada bidang lain,,tapi kalau kamu suka bereksplorasi gpp milih matematika murni,,nanti kamu bisa belajar pemrograman, keuangan, dll🙂

  34. anggun berkata:

    halo mba, salam kenal ya, aku anggun. tahun ini aku lulus dan berencana untuk memilih matematika murni. pada dasarnya aku nggak suka banget sama menghafal karena aku gampang banget lupa, nama temen aja sampai lupa, hehehehe🙂 dan aku lebih suka ngotak-atik rumus. aku juga ngerasa lebih ‘sreg’ dengan angka dari pada huruf. tapi, ayah masih belum ngasih izin soalnya aku memilih UPI sementara rumah berada di bekasi. Kira-kira gimana ya mba? padahal aku nggak mikir ‘jalan lain’ selain matematika.

    • halo juga anggun,,,kalo kamu yakin lanjut aja anggun,,karena kita lebih nyaman menjalankan sesuatu jika kita yakin,,apalagi kalau kita menyukainya.🙂 insya allah matematika itu menyenangkan dan asyik…
      Kalau ayah belum ngasih izin coba kamu bicarakan lagi, kira2 ayahmu nggak suka nya kenapa?
      mudah2n dengan pertimbangan2 yang kamu berikan ayahmu bisa mengerti..
      sukses ya buat kamu🙂

  35. amin septianingsih berkata:

    kak jelasin dong sarjanamtk bisa kerja di bidang apa saja, yang saya tau mereka bisa bekerja di BPS kalau di instansi perusahaan di bidang apa bisa juga di LIPI benar gak sih bisa jadi peneliti gak sih kalau jadi konsulta bisa gak sih ? sama sarjana statiska prospeknya bagus mana? trimakasih

    • iya diantaranya emang di BPS, LIPI, di bidang asuransi juga bisa, perbankan, akutansi,,,dan juga bidang yang berhbungan dengan analisisi,,,sebenarnya mtk bisa masuk bidang apa aja, tergantung kita mau mengembangkan ilmu yang kita punya
      sukses yaa🙂

  36. mickeymouse berkata:

    halooo numpang nanya yah
    saya tahun ini masuk kuliah, awalnya bingung mau ambil jurusan apa. tapi setelah melihat hasil rekapan rapor, ternyata nilai mtk saya lebih menonjol. dan emang sih saya lebih suka menghitung daripada menghafal
    saya rencananya mau ambil jurusan matematika murni, tapi takut nanti di perkuliahannya materinya susah susah T_T mohon pencerahannya~🙂

    • hmmm pilihan kamu udah tepat hehehe
      belajar matematika itu asik bagi kita yang emang nggak suka ngafal, karena butuh pemahaman dan latihan saja…
      materinya nggak susah kok, malah lebih simpel🙂
      sama kayak belajar di SMU juga kok , cuma lebih mendalam,,,sepoerti membuktikan mengapa 1+1=2? mengapa 1+0=1 cuma itu kok hehe]

      good luck yaaaaaaaa

  37. apakah kalo mau milih jurusan matematika murni, apakah harus dari jurusan IPA di SMA ?
    kalo di SMA jurusan IPS bisa masuk ga?
    univ yang bagus jurusan matematika murninya ada dimana ya?

    • hmmm bisa2 aja sih bella…cuma menrutu aku kalau kamu di SMA IPS berarti kemampuan kamu lebih ke IPS…kamu seriusin aja disana….

      univ yg bagus buat mtk murni,,kamu bisa googling aja🙂
      sukses ya

  38. Nug berkata:

    assalamu’alaikum , rencana saya tahun ini masuk mtk ITS mbak, saya bimbang karena prodi itu pil.3 saya (agak nggak sreg jg), selain itu saya jg membayangkan betapa sulitnya kuliah di jurusan matematika, dan sempat membayangkan juga mengenai “profesi” ke depan setelah lulus, karena yg saya ketahui, lulusan matematika murni itu ga gampang di serap oleh dunia kerja (membuat tambah bimbang😥 ), dan satu lagi, aku masuk universitas itu lewat jalur mandiri, yang biaya masuknya “bejibun uang”, secara tidak langsung “bejibun uang” itu (saya prediksikan) membawa beban tersendiri (ada tuntutan untuk mendapat IP bagus), sudah bayar “bejibun uang” , sementara kuliahnya aja asal2an kan rasanya gmnaa gitu, dan itu membuat saya ‘down’ (tidak bisa menikmati masa perkuliahan) , menurut pendapat mbak gmana? mohon pencerahannya, thx🙂

    • waalaikumsalam
      maaf baru balas ya Nug…

      sebenarnya nggak ada nug prodi yang gak bagus prospek kedepannya..semua tergantung kesungguhan kita mendalami ilmu tersebut..
      kalau nug serius dan fokus apapun jurusannnya insya allah nanti pasti ada aja jalan buat sukses…🙂

      buat matematika sendiri nggak seperti yang nug bayangkan…, malahan matematika ilmu yang paling asik dan seru,,,karena kita cuma mendalami ilmu yang kita plejaari di bangku sekolah…plus nanti aplikasinya ke ilmu lain…🙂

      sukses ya Nug🙂

  39. emang bener sarjana matematika di Indonesia msh di anggap remeh, apalagi di dunia kerja byk lbh mencari lulusan statistika. Tapi sebenernya lulusan matematika bisa jd apa aja, yg penting gimana qt mengasah kemampuan qt di bidang ini. Dan terlebih lg, saat kuliah sebaiknya qt belajar jg ttg aplikasi2 matematika, krn emang banyak bgt. Aq lulusan matematika dan sekarang kerja di dunia pertambangan (batubara), emang sih di bagian data. Dan emang bakal di banding2in dg yg lulusan statistika. Tapi tetep gk blh nyerah, krn anak matematika pny kelebihannya sendiri.

    Temenku lulusan matematika mlh ada jg yg terjun ke dunia IT dan pemrograman, krn logikanya emg ke pake bgt. So, tetep berjuang ya buat semua lulusan matematika yg hampir patah semangat nyari kerja. Dulu jg pernah ngalamin susahnya nyari kerja. Tapi rejeki itu udh ada yg ngatur, dan Alhamdulillah aq akhirnya dpt kerja. Tapi suatu saat pengen lanjutin S2, masih penasaran sm aplikasi math di dunia nyata sih.hehehe…😀

    • terima kasih udah berbagi ya ningsih…:-)
      komentar kamu pasti akan sangat membantu bagi lulusan matematika atau yang masih menimba ilmu di matemtika murni,,🙂

  40. Dari dulu saya sangat menyukai dunia matematika, yg akhirnya membawa saya masuk matematika murni di USU. Ketika itu saya jadi bngung mau kemana saya nanti, karena tidak ada arah keperkerjaan. Tapi saya membuang hal-hal itu, saya kuliah untuk mencari ilmu dan pasti ilmu nanti membantu kita, alhamdulillah saya sudah dpt mencari uang sendiri dari matematika,udh bisa kasih ortu, gk minta2 lagi dan bayr uang kuliah sendri. ketika baru masuk saya langsung di rekrut menjadi tentor,guru privat bahkan ketika semester 2 saya di tawari untuk mengajr di smp, tapi saya tolak krna gk cocok dgn waktu kuliah saya. Selain itu saya juga memakai ilmu matematika saya untuk membantu toko ortu pkai ilmu statistik dan optimisasi yg di dpt dri mtk murni . Asalkan kita mau untuk belajar, pekerjaan itu entr dtng sndiri, saya yakin siapa yg mau sukses harus berbuat hal yg sukses, ip harus bagus, jngn bolos kuliah, dan brsungguh-sungguh dgn kuliah.
    matematika murni luas dech lapangan pekerjaannya dan bisa di mana aja, apa yg kurang hitung bgus, logika okey, apalagi yg kurng.
    salam math usu 2012

    • subhanallahh..keren banget rahmat🙂
      “memakai ilmu matematika saya untuk membantu toko ortu pkai ilmu statistik dan optimisasi yg di dpt dri mtk murni”… aku suka banget bagian ini…ckckc…
      rasanya kebanggan menjadi salah satu lulusan matematika murni bertambah membaca komentar kamu..
      semoga juga yang baca, yang msih tidak yakin dengan ilmu nya semakin semangat baca komentar kamu ya rahmat..
      terima kasih udah berbagi yaa🙂
      sukses terus buat kamu😉

  41. Mba, tulisannya bagus… saya juga mahasiswa math. ipb.. awalnya sya kira math. gitu2 doang.. eh ternyata pas udh masuk kyknya udh pengen pindah jrusan, soalnya kurang keren gimana gitu.. tapi lama kelama2an makin kenal ternyata cakupannya luas bgt, ada ilmu statistik, ekonomi, dan komputernya juga.. jdi kayaknya ngurungin niat bwt pindah jrusan.. malah bkin saya tambah tertarik dan penasaran.. haha

  42. ifatir berkata:

    artikelx bagus kak… klo bleh tau pean lulusan mana? taun brp?
    aku galau nie kak… ak maba unair mat dan aku minat untuk jd aktuaris tapi di unair mat skrrang bidang peminatan stastistik udah gag ada.. dan malahan statistik berdiri sendiri dan menjadi S1 PRODI skrng😦😦😦

  43. anabiedwiza berkata:

    saya juga jurusan matematika mba’…. artikelnya bagus….emang susah ijazahnya mau dibawa kemana serba nanggung

  44. artikelnya bagus mba🙂
    aku juga jurusan matematika murni semester 3, pas liat2 formasi penerimaan cpns, kok gak ada yg membutuhkan sarjana matematika ya, dan dosen juga pernah bilang kalo sarjana matematika susah cari kerja .:(

  45. aslm wr wb. salam kenal mbak izzawa. saya juga jurusan matematika murni brawijaya. saya dulu adalah salah satu yang terbaik di sma untuk pelajaran matematika, saya waktu itu merasa paling pinter (minta maaf hehehe)dan masih salah satu yang terbaik juga waktu olimpiade matematika di univ. tapi semakin saya belajar matematika dan masih terus belajar saya jadi tahu bahwa ilmu saya mungkin kayak debu di padang pasir. lihat saja ada analisis, aljabar, pemrograman, statistika, riset operasi dan sebagainya dan semoga kita diberikan kesabaran oleh Allah swt untuk terus belajar.

    oia untuk teman-temanku yang jurusan metematika tidak usah kuatir kalau mencari pekerjaan karena banyak banget pekerjaan untuk jurusan matematika.salam sukses untuk semua.
    HIDUP MATEMATIKA!

    • nanti bisa juga pas mata kuliah pilihannya kamu pilih yang statistika terapan..dan kalau mau ambil s2 bisa dimantapkan lagi statistika terapannya🙂
      good luck ya🙂

  46. Erita Moranita M berkata:

    mbak,,
    aku minat kuliah di jurusan matematika,,
    nah baiknya milih pendidikan matematika atau matematika murni,,,
    di sekolahku aku ikut dalam ekstrakulikuler olimpiade matematika mbak,,
    mohon sarannya🙂

  47. Ak jg lulusn math, 2012 skrg ak jd tentor bimbel, bner ap yg dkatakan tmen2 sy br ngrasain gmn lulusn math dpandang sbelah mata. .bnyk pt yg sy lamar dg harapan besar sy bs brkembang lbh baik tp tetp tak ad kbr d pt2 tsb. Sy jd galau, ms dpn sy bgaimana jka trs spt ni. .

  48. Neli berkata:

    ka, saya mahasiswi ipb jurusan matematika. kaka di pemerintahan bagian apa ka? share dong ka mengenai pekerjaan kaka sekrang dan bagaimana caranya bisa bekerja di pemerintahan? Thanks so much ka🙂

    • saya bekerja di DInas pengelolaan keuangan dan asset daerah…, kebetulan ditempatkan di bagian asset..sebenarnya rada bingung juga kenapa saya ditempatkan disana…soalnya ga ada hub nya sama sekali sih sama matematika..
      tapi ya udah karena formasinya statistika waktu itu ditempatkan di dinas itu,,,kaka jlanin aja…
      dan pada intinya kalau kerja itu kita belajar lagi kok…. ^_^ ilmu yang kita dapat dikuliahan mgk sbg dasar aja..
      kaka sih dulu ikut CPNS…:-)
      .kalau udh kerja semua dipelajari lagi…
      semangat buat kamu yaaa

  49. Ivanna berkata:

    yeyeyeee
    jadi mikir jauh ni garagara baca artikel ini …
    karena saya juga kuliah jurusan matematika murni🙂

    • victzu berkata:

      jangan takut, sejak sekarang mulailah untuk mengetahui hal2 yang berhubungan dengan dunia kerja yang ada kaitannya dengan matematika murni, mungkin untuk menguasai MS. Office tu ga sulit, walaupun ga pernah di pakai di MM,

  50. Matematika adalah Logika …
    Sehingga saya rasa … sarjana matematika …
    bisa survive ditempat yang bukan murni matematika saja (misal guru-dosen dan yang sejenisnya)

    Dan kalau mau lebih lengkap … S1 matematika …
    S2 nya ambil Manajemen
    Itu Komplit !!!

    Salam saya

  51. yan yan berkata:

    mba kalau saya jurusan matematikanya pendidikan , tapi melihat gaji guru honorer yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kalau ingin bekerja di perusahaan swasta bisa gak ya?

  52. di buku “7 jurusan bergaji besar” karangan ina liem. terbit februari 2013. justru menjelaskan bahwa jurusan matematika murni punya prospek yang sangat bagus..baca deh bukunya🙂

  53. di buku “7 jurusan bergaji besar” penulis ina liem. terbit februari 2013. matematika murni justru urutan pertama…baca deh bukunya🙂

  54. Day berkata:

    Artikelnya bagus mba Izza, seperti suplemen untuk nak Math yg lagi galau..hehe

    nanya donk mba Izza, misalnya ni ada formasi cpns tulisanx S1 statistik, nah itu klo s1 matematika boleh ga daftar juga? Masih bingung ni ap perbedaan s1 statistik n s1 matematika. Soalnya di universitasku dlu ga ad s1 statistik. Mksh sblmnya mba..

    • klo menurut saya itu memang beda..karena s1 statistika biasanya ada jurusan tertentu lebih spesifik ke statistiknya sedangkan S1 matematika dia lebih global mencakup semua bidang matemtika statistik..teori dan terapan
      ^_^
      sukses selalu ya day🙂

      • Day berkata:

        jadi kalo ada lowongan yg syaratnya s1 statistik, yg s1 matematikanya ga bisa daftar ya mba,..??

        sukses jg buat Mba Izza ^^
        mksh byk atas infox ^___^

  55. Day berkata:

    jadi kalo ada lowongan yg syaratnya s1 statistik, yg s1 matematikanya ga bisa daftar ya mba,..??

    sukses jg buat Mba Izza ^^
    mksh byk atas infox ^___^

  56. siswa kelas 12 berkata:

    mbak aku kelas 12 nih. aku rencananya mau ambil fmipa matematika di ipb. tapi aku agak ragu nuh mau ambil mtk krna masalah prospek kerja nya . mengenai prospek kerjanya itu biasa di bidang apa dan di perusahaan apa mbak?

    • matematika IPB itu bagus lho….
      kalo soal kerja matematika bisa kerja di mana aja tergantung nanti kamu matematikanya fokus kemana..terapan atau statistik atau teoritis😉

  57. artikel yg bagus mba… saya juga mhsswa pend.mtk unnes smt akhir😀
    bwt motivasi ja bwt tmn jur mtk, q p’nah baca artikel ttg 7 Jurusan Bergaji Besar, yaitu
    1.matematika
    2.Teknik Informatika
    3. Teknik Kimia
    4. Manajemen
    5. Geologi
    6. Teknik Pertambangan
    7. Teknik Perminyakan

  58. akhirnya ketemu blog anak matematika juga…
    terkadang galau kalau ada yang nanya “ambil jurusan apa? ”

    matematika di kuliah sih kebanyakan mainnya di logika, . . .
    tapi mata kuliah paling asyik ya teori graf soalnya bisa gambar + melatih imajinasi…
    hehehe

    btw, udah semester berapa mbak?

  59. khoirun nashirin berkata:

    mbak mau tanya juga, mungkin kan mba udah lebih dulu di matematika, saya juga matematika mba, di UNDIP semester 6, mungkin yang masih bingung itu buat pengaplikasiaannya mba, sama pengaitan dengan dunia luar, mungkin mba bisa ngasih saya saran biar bisa lebih tahu hebatnya matematika bila sudah dikaitkan dengan dunia luar selain matematika, hehehehe

    • banyak sekali pengaplikasiannya di dunia luar, seperti komputer, statistika, kontrol optimal, aktuaria untuk di perusahaan asuransi…tinggal kamu nya aja lagi pinter2 mengimprovisasinya😀

    • banyak sekali pengaplikasiannya di dunia luar, seperti komputer, statistika, kontrol optimal, aktuaria untuk di perusahaan asuransi…tinggal kamu nya aja lagi pinter2 mengimprovisasinya😀

  60. zuhri berkata:

    satu hal yang “paling” ( pada dasarnya suka semua ) gw suka dari artikel izza, “latar belakang pendidikan yang kita punya (Matematika Murni) sebenarnya hanya sekian persen dibutuhkan, selebihnya kita mesti belajar dari awal lagi ditambah dengan pola pemikiran, yang telah dibentuk dari ilmu yang telah kita emban dulunya” dan ini sedang gw jalanin sekarang (sembari nganggur, gw belajar disiplin ilmu baru). Tulisan Izza lucu and kena bgt ke gw, gw pernah jadi guru private, guru sekolah, mencoba kuliah untuk jadi guru (tapi sayang S.Si nya kalo ditukar ma S.Pd. dah jalan 1 semester, terakhir gw mundur dech),daftar PNS baru sekali di BPS ( belum beruntung, maklum baru pertama kali baca soal CPNS), pernah mendaftar sebagai mahasiswa S2 Matematika dan diterima (ehhh, kurang dibiaya, belum beruntung kali ye), pernah melamar di perusahaan pembiayaan (ogah diterima), terakhir setelah dipikir-pikir, musti ubah arah kompas ne, nyemplung ke dunia lain. Tapi jujur ga ada penyesalan jadi lulusan Matematika Murni, bahkan pengen S2 yang murni, do’a in ye, dapat kerja n duit biar bisa masuk S2,. aminn ya Allah.

  61. yulia amirul fata berkata:

    keren banget artikelnya mb…
    sbenere aku mau tanya ttg jurusan matematika
    aku kan masih anak SMA IPA bingung milih jurusan padahal ini sudah mulai pendaftaran mb.
    aku pgen d kasi motivasi dong mb, soalle aku suka bgt matematika
    biar aku tambah semangat n ga galau lg,
    oh ya mb mau tanya mnrut mb gimana kelebihan statistika n matematika murni?
    galau antra dua itu soalle
    makasih deh bwt mb, smoga sukses😀

  62. bambang berkata:

    Salam kenal, saya juga alumni matematika jaman jadul, sejak awal saya berkarir di dunia IT dan alhamdulilah masih dipakai sebagai IT manager sampai saat ini.
    Saya masuk jurusan matematika karena waktu sma saya sangat cinta dan cuma bisa matematika, setelah mengenal komputer di tahun pertama kuliah, saya merasa salah jurusan seperti teman-teman, tapi saya mencoba belajar komputer secara otodidak dari rental ke rental dan saya bekerja dikarenakan hobi saya bukan karena gelar saya.
    Saya pernah melanjutkan pendidikan saya S2 Magister IT, tapi buat karir saya, hanya sekedar membayar rasa penasaran saya.
    pesan saya buat adek-adek, pendidikan anda bukan profesi anda, saat kuliah berusahalah mencari ilmu dan sertifikasi lain yang bermanfaat diluar kampus.

  63. Karya-Time Series berkata:

    Wah,,, Bener Tu Kakak Senior,
    Untuk Tahun 2013-2014, Banyak anak Math Calon Penguasa Bank Prospek 10 Tahun Ke Depan.

    Saya lihat di lapangan, Bank Yg sudah Mengakui Keberaadaan anak Math Tu
    Di Bank M*ndiri salah satunya. Liat aza setiap posisi paasti ada anak Math.

    Urusan Psikotes & Logika cepat,
    Anak Lain Mah Lewat, Putus…
    Heheheheh…

    Semangat Buat nak Math Lainnya,
    IQ anda sebenernya lebih Oke, Hanya saja Indonesia masi Buta…
    Hahahahha

  64. Karya-Time Series berkata:

    O ia nie,,,
    Saran Nie Buat Kakak & adek major Math nie.
    Mari Kita Gempur Dunia Perbankkan & Asuransi Dengan Embel Embel Math,
    Khusus Development Program ato sejenis…

    Referensi Bukti Lapangan:
    Jebolan Math 08 USU,
    *40% bekerja di perbankan
    (20% berposisi Officer)
    *30% bekerja di Asuransi
    * selebihnya nyusul.

    Semangat,
    Ayo Kita Akusisi Semua Instansi Dengan Latar Belakang Anak Math.
    Revolusi dunia kerja.

  65. artikelnya bagus..
    kak kalo bedanya matematika murni sama matematika terapan itu bagaimana ?
    trus kalo prospek kerjanya lebih menjajikan mana ?
    kebetulan saya tahun ini mau daftar di ITB

  66. Blognya keren,,,🙂
    Saya gak suka matematika, tapi kuliahnya pengen ambil matematika… belum berfikir sampai ke lowongan pekerjaan,, tapi habis baca blog ini jadi bingung,, dilema…. Jadi takut nanti kalau jadi sarjana matematika di kucilkan gitu… pusing dahhh

    • gak suka matematika kenapa ambil matematika intan? hehe
      gak dikucilkan kok…trrgantung kitanya aja bisa mengaplikasikan ilmu yg kita punya

  67. hafidz anshori berkata:

    ka saya udah daftar di matematika ipb, tapi sayang ga diterima, saya mau daftar lagi di matematika uin jakarta, kalo di uin jakarta itu bagus ga ya untuk jurusan matematika ?

  68. Salam kenal buat semuanya🙂
    saya lulusan Math UNY , udah yudisium bulan mei dan insyaAllah wisuda Akhir Agustus.. sekedar sharing ni ,, saya sudah masukkin lamaran kemana aja yg notabene bkn fokus k matematika . buktinya saya lolos,, tp gagal di interview😀 ya jadikan pelajaran🙂 insyaAllah abis lebaran saya interview di perusahaan asuransi (doain lancar yaaa)
    saya yakin utk pekerjaan ada jatah buat saya walaupun tdk sesuai kualifikasi saya (S1 Matematika) . jgn khawatir buat tmen2 yg sdg jalanin kuliah di matematika .. Kabar gembira buat kita semua (Mastin, ahaha 😀 ) ,, kalian tau Aktuaria ,, ya aktuaria ,, itu bidang pekerjaan yg sangat prospek bagi lulusan kita . nyemplung aja ksitu insyaAllah prospeknya bagus🙂 saya jg lg mendalami aktuaria ,, dan kepengen dapet sertifikat FSAI . bismillah

    oya, ni saya rilIs tmen2 saya plus kakak tingkat lulusan matematika yg udah bekerja tersebar dimana2, diantaranya :

    ODP bank ,, Aktuaria ,, Perusahaan Migas ( jgn heran🙂 ) ,, Tentor ,, Guru di yayasan🙂 ,, Marketing Mobil ,, Staff Accounting , Supervisor ,, Personalia ,,de el el. .. So, jgn khawatir gak kebagian kerjaan…. GUYS ..

    SALAM VEKTOR EIGEN😀

  69. Nursholl berkata:

    mbak, boleh tanya tentang matematika UGM ? saya masih kelas 3 SMA, pengen tau hehe.. kalau Aktuaria itu S2 atau mata kuliah nggak ya mbak ? hehee

  70. Fandy Dusia berkata:

    Saya Bangga Dengan Matematika dari sejak saya SD, banyak teman2 yang dekat sama kita karena mereka kurang tau dengan matematika, pasti akan banyak teman nempel ama kita.
    Hidup Matematika!!! SMANGAT!!!
    Alhamdulillah, sekarang sudah diterima di Universitas Hassanudin Makassar, jurusan matematika.

  71. urz berkata:

    artikelnya bagus.,. memberi tambahan semangat..🙂

    sy jg lulusan mat murni n jujur bangga juga siy dblng anak mat..
    karna mmg dnilai lebih sistematis (pinter2 katanyaa ;p) spt komen2 sebelumnya

    cm rada syok jg waktu mw daftar pns tp yg mw trima formasix cm seipritt..heheh
    akhirx msh bertahan di bumn..haaa..

    piye kak klo bgni..

  72. lulu berkata:

    saya jur. pendidkn matematika juga..
    ka, gmn bisa bikin blog keren ke gini? ak jga pngen bikin buat share2 kaya kaka..
    =salamSIGMA

  73. Karima Fachrani berkata:

    Assalamu’alaikum kak. Tahun depan insyaAllah saya akan lulus sma. awalnya saya berniat mau ambil jurusun pend. math karena dari dulu saya ingin menjadi guru, tapi akhir-akhir ini saya makin labil dengan pilihan saya. Saat ini, saya tertarik dengan math murni, tapi org tua saya menyarankan menjadi guru. Menurut kk apa yang harus saya ambil? Mohon sarannya ya kak🙂

    • math murni sm pend mtk pd dsrnya sama..hanya saja kalo pendidiikan kita dibekali cara mengajar…. jd tergantung kamu suknya pekerjaan sbg tenaga pengajar yg ketemu anak2 murid tiap hari atau kerja kantoran yg sibuk ddpan komputer???
      kalau prospeknya tenaga pengajar mtk memang lebih dominan peluangnya dr pada tenaga teknis dengan jurs mtk murni, tp semuanya tergntung ketrampilan kamu dlm mengaplikasikan ilmu yg didapat.. good luck yaa

  74. Karima Fachrani berkata:

    oh gitu ya kak. Terimakasih atas sarannya🙂 tulisan kk dikemas menarik. Banyak dianatara temen aku masih bingung untuk ambil pend mtk atau mtk murni. Karena mereka berpikir peluang kerja math murni sedikit.
    Tapi dari tulisan kk aku jadi tau peluang kerja math murni. trims🙂

  75. erikhasman berkata:

    Setuju, kalau lulusan matematika itu punya bekal kemampuan analisa dan mengenali suatu persoalan lebih baik, sehingga kita bisa jadi apa saja dengan sedikit mengetahui bidang tersebut.

  76. karis mashudi berkata:

    dilema jadi anak matematika murni mbak….lelah bgt jalani semuaaanyaaa #aaaaarrrrrggghhhh (matematika undip 2010)

  77. artikel nya bagus kak,😀
    saya sangat tertarik dengan matematik dan insyaallah tahun dpan saya ingin kuliah jurusan matematik, Tapi masalahnya saya dari SMA jurusan IPS, apa bisa lulusan ips mengambil jurusan itu….

  78. aku S.Pd Matematika, karena wabah guru math instant trpaksa deh aku nyingkir,,, kasih private n kerja nyambi sbagai Tutor Paket Keaksaraan Mapel Matematika… padahal aku lulusan terbaik dari prog.studi…. nelangsa banget…. banyak skul rekrut guru karna ada faktor “X” dgn pihak skul atau gk pihak pegawainya… alah mak…. mau jadi apa siswanya???? lha siswanya jadi anak privateku (lucu gk mau private di gurunya sendiri)…. ya, beginilah zaman skarang…… gk aneh…. salam kompak tuk kaum PENGGILA MATEMATIKA…. Bravooooo………..

  79. Syifa Esprilla A. berkata:

    artikel yg bagus mba. saya jurusan matematika semester 5 tp sampai sekarang, yang namanya ngerjain problem itu ya bisanya cuma menyelesaikan dg menghitung saja tapi gak ngerti maksud dr menghitungnya itu sendiri. kira2 bakal ada efeknya gak ya ketika kita menulis skripsi? oiya mba, se-pengalaman mba, bisa gak sih lulusan kita itu bekerja di lingkup bandara? kan bisa tuh atur lalu lintas bandara pakai teori graf ya?

  80. bung ben berkata:

    salam kenal. mantab tulisannya, ternyata rata2 sama yg dirasakan anak2 matematika. hehehe…
    nikmati aja ya, toh rezeki sudah diatur sama Allah dan gak bakal ketukar dgn rezeki jurusan lain.
    sy malah ijazah mtk yg nyaris 7thn diperjuangkan blm dipakai ini. pengen jg sih melamar2 kerja yg sesuai jurusan, soalnya wktu semester 5 kmaren uda dpt kerjaan dan sampe sekarang masih tetap bertahan.
    tp pada dasarnya bener jg komen2 diatas yg terpenting cara berfikirnya anak math itu asyik dan logis.
    rezeki gak harus sesuai jurusan kita, yg penting halalan toyyibah. kalaupun gak ad yg mau nerima, mungkin jalan kita jd wirausaha matematika. hehehe…

  81. Ga usah takut berada di jurusan Matematika,,,paling ngga buat ukhty kan bisa ngajarin anak2 nya kelak pelajaran matematika. Love Math !
    Salam kenal Izzawa…🙂

  82. ilmu itu ternyata sangatlah luas dan dalam bagaikan lautan. kalau menuntut ilmu jenjang sarjana bertujuanya untuk kerja maka harus pandai2 memilih yg cocok artinya sesuai dengan prospek kedepan. jadi nanti tidak bingung dan buang waktu,..!! semua ilmu pasti bermanfaat pokoknya move on truus dan praying haha

  83. assalamu’alaikum,, mbak izzawa, saya baru kelas XII, nantinya saya pengen ambil matematika murni, tp masih agak bimbang nih antara matematika murni atau pendidikan matematika. lbh pengen jd guru sih sebenarnya, karena udah pernah ngjar les juga. kalau ambil matematika murni itu sekarang katanya udah ndak bisa jadi guru. terus kalau matematika murni itu bisa langsung jd dosen atau gmna mbak??

  84. Salam Juara !!
    Saya Mahasiswa Matematika Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur

    Saya suka komputasi,
    Saya beda jauh dengan teman2 di jurusan saya,
    Mereka dari SMA sedangkan saya dari SMK komputer programming,
    Saya pernah Kuliah Setahun di Universitas Sebelas Maret (UNS), Jurusan Teknik Informatika.
    itupun karena pilihan kedua,
    Karena jujur pilihan pertama saya adalah MATEMATIKA MURNI.
    Saat Kuliah di UNS dosen2 TI saya kebanyakan lulusan Sarjana Matematika dan ambil Magister Ilmu Komputer di UGM, ITS.
    Itu juga memotivasiku untuk pindah jurusan dan menggapai impianku di jurusan Matematika,
    Setahun telah berjalan, saya ikut test tertulis lagi untuk masuk PTN. Alhamdulillah, saya lolos di Pilihan pertama di MATEMATIKA Universitas Brawijaya, sedangkan Pilihan kedua di STATISTIKA Universitas Brawijaya,

    Saat kuliah di UB,
    Alhamdulillah bekal programming dari SMK sangat berguna, teman2 saya banyak belajar dari saya, apalagi saat pemograman hihihi

    Saya sudah punya target, setelah lulus Sarjana Matematika, Saya ambil kuliah Master TI di Luar negeri, Doktoral di Luar Negeri… Amin Ya Allah

  85. Saya dulu mat murni ikip semarang, setelah lulus kluar masuk kerja.. Mulai dari ngajar sampe buruh pabrik, alhamdulillah sekarang dah pns, santai buat math lovers.. Badan Pusat statistics selalu membuka peluang buat lulusan math, Salam Sukses

  86. Saya lulusan mat unnes semarang, setelah lulus sy kerja mulai dari guru kumon sampe pernah jadi buruh dipabrik. Alhamdulillah sekarang dah pns, santai buat math lovers.. Badan Pusat statistics selalu membuka peluang buat lulusan math. Jadi tetep semangat dan Sukses selalu

  87. Ardhya berkata:

    Waah artikelnya keren mb^^
    Jadi semangat bgt nih masuk jurusan Mtk (tapi yg pendidikannya sih hehe).. InsyaAllah nih mb thn depan pengen jadi mahasiswi Pend. Mtk🙂

  88. akhwan berkata:

    saya mahasiswa salah satu universitas di kalimantan.
    salam kenal mba.
    kuliah S1 pend.matematika .nah pastinyakan larinya jd guru tuh. rencananya mau lanjutin S2 (aammiinnn) nah masalahnya ga tau mau k jurusan apa ……
    bisa berikan pencerahan mba . …. makasih

  89. kaka jurusan matematika. aku juga suka sama pelajarannya, sebentar lagi aku mau naik kelas 3 nah aku binggung aku ada bakat nggak matematika, soalnya ku kadang nggak yakin gitu sama apa yang aku pilih… saya juga binggung matematika bisa kerja dimana jujur aku orangnya nggak pede.. kasih aku solusinya dong kak

    • Selama ini nilai matematikanya gmana? Kalo kmu suka dg matematika dan nilai kamu lumayan bagus brrti kamu ada bakat disana… matematika byk kok lapangan kerjanya tergantug kita aja lbh giat mencrinya

  90. Bagus bgt mba artikelnya.
    Saya mahasiswa Pend.Matematika UNLAM. Udah hampir diujung masa perkuliahan nih mau nyusun proposal tugas akhir. Niatnya mau lanjut s2 lagi, kalo bisa ya setinggi-tingginya. Habis belajar matematika terlalu rame, semakin ketemu masalah, semakin asyik mecahinnya. Sukses buat kawan2 matematika yg lain.

    • Sukses ya yuda…matematika memang gtu…wah bagus tu kalo nyanbung s2 kalo bsa ambil yg luar negeri ….byk lo beasiswa nya searching aja ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s