Ampiang Dadiah

Ampiang dadiah siap dilahap

Ampiang dadiah siap dilahap

 

Beberapa waktu yang lalu aku jadi kangen beli makanan ini. Udah lama rasanya nggak nyicipin, akhirnya aku bela-belain deh menuju Bapak yang jualan , tepatnya di pusat kota Bukittinggi. (eitss..aku nggak ngidam!!:mrgreen: )

Ini namanya Ampiang Dadiah, salah satu kuliner tradisional yang merupakan khas Ranah Minang. Namun meski khas Ranah Minang tidak semua tempat di Sumatera Barat bisa kita temui. Bahkan banyak juga orang minang yang tidak begitu kenal atau juga tidak pernah menicicipi makanan ini. Yaa…namanya juga kuliner tradisional…

Bukittinggi merupakan salah satu tempat dimana kita bisa menemukan Ampiang Dadiah. Ampiang sendiri berarti “Emping”, dan Dadiah adalah hasil fermentasi susu kerbau murni. Hihi…iya Kebo…:mrgreen: Nah nanti Ampiang sama Dadiah akan berkolaborasi indah dengan air jahe gula merah plus serutan es diatas nya. Hmm rasanya nano-nano, ada manis, asam, dingin….

Yang putih-putih itu Yogurtnya alias susu kebo nya :p

Simpelnya Dadiah itu bisa dibilang kayak yogurt. Pada zaman dahulu bahkan jadi makanan favorit sebagai pengganti lauk dan makanan ringan pengganti agar-agar. Disamping itu Ampiang Dadiah dipercaya menurunkan kadar kolesterol, memacu kese¬hatan dan cara kerja jantung, serta makanan yang baik untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh. Namun jika dikonsumsi berlebihan dari takaran standar antara 1 sampai 2 kali dalam 5 hari bisa dikhawatirkan akan mengakibatkan konsumen rentan terserang hypertensi.

Nah kalo penasaran gimana rasanya, datang aja ke Bukittinggi😀. Kalau pertama kali nyoba memang sih rasanya rada-rada gimana gitu😀, tapi setelah itu pasti kangen mau nyoba lagi…

32 thoughts on “Ampiang Dadiah

    • indak da…ado dtgah pasa tu urg manjua sate,, satu2nya urg yg manjua sate dtangah pasa tu,,, nah dakek situ😉 dari jam gadang tu luruh ajo kdalam nampak beko tu mah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s