Semut-Semut Kecil

Udah lama nggak nulis tiba-tiba datang dengan semut🙂

Karena barusan nonton videonya Harun Yahya tentang keajaiban semut, video jadul sih tapi selalu asik buat di tonton apalagi kalau udah lama gak di tonton dan lebih asik lagi kalau belum pernah nonton😉

Semut memang hanyalah binatang kecil yang sering kita remehkan keberadaannya. Padahal andai kita tahu mereka adalah koloni serangga terbesar yang memadati bumi ini. Jika kita pernah membayangkan adanya kehidupan yang damai, dimana orang-orang tidak hanya mengutamakan kepentingan pribadi, hidup berdampingan, saling membantu, mungkin hal itu seperti mustahil kita temukan. Namun keadaan seperti itu ternyata memang ada, dimana lagi kalau bukan di dunia semut.

setetes air pun diminum berdua (itu bukan lagi berantem)

setetes air pun diminum berdua (itu bukan lagi berantem)

Sebagai contoh kecil jika saat ini kita melihat ada jejeran semut yang sedang berjalan, lalu menaruh kapur bagus (itu tuh yang buat serangga ), maka setelah beberapa menit kemudian semut-semut dirumah anda akan hilang..clingggg.. (kok jadi iklan ya?). Hehe maksudnya tidak ada satu semutpun yang celingak celinguk ketinggalan kebingungan disana kan? Bahkan semut yang belum sampai ke area yang kita kasih kapur sudah duluan balik kanan, padahal kalau dia nggak saling percaya bisa saja dia tetap menuju TKP dan membuktikan sendiri kebenaran dari gossip temen-temennya. Atau kalau memang ada yang lagi ngambekan atau lagi marahan mungkin saja ada semut yang dibiarin menuju TKP, sambil bilang “biar dia tau rasa” ..😀

Oh ya kembali ke video harun yahya, disana disebutkan bahwasanya semut dalam bekerja mempunyai tugasnya masing. Ada yang bekerja sebagai penganyam, yang bertugas sebagai pembuat sarang. Dengan tubuhnya yang kecil semut bisa membuat sarang yang menakjubkan, semua itu tidak lain tidak bukan karena sifat kerja sama yang mereka miliki.

megapolitan semut, semegah tembok cina (google)

Selain itu juga ada semut petani. Nah semut petani ini lebih keren lagi, mereka terbagi dari beberapa macam semut yang juga mempunyai tugas masing-masing. Ada yang bertugas mencari dedaunan, ada yang bertugas mengatur suhu sarang agar bercocok tanam bisa dilakukan, ada yang membersihkan dedaunan, ada yang menyusun dedaunan yang sudah dibersihkan.

setiap semut yang membawa daun, ada semut lain yang bertugas berjaga-jaga bila ada serangan

setiap semut yang membawa daun, ada semut lain yang bertugas berjaga-jaga bila ada serangan

Setelah dedaunan berubah menjadi jamur untuk mereka makan, ada juga yang bertugas membagi-bagikan makanan. Ketika bercocok tanam sedang dilakukan disarang ada juga semut tentara yang biasanya berjaga-jaga. Ia bertugas mendeteksi keberadaan lawan disekitar sarang terutama manusia. Dan mereka lah yang sering kita temui,,itu tuh yang sering gigit…mereka adalah jagoan yang dikerahkan untuk mempertahankan koloninya.

Karena keunikan semut jugalah binatang ini jadi ide Skripsiku sewaktu menyelesaikan Tugas Akhir beberapa tahun lalu. Nah lho apa hubungannya matematika sama semut? Ya ada donk, karena kerennya binatang ini sampai-sampai ada namanya Algortima semut, yaitu dengan memperhatikan bagaimana cepatnya semut sampai pada gula yang padahal baru beberpa menit kita lupa menutupnya.

Nah cara kerja tersebut bisa diterapkan bagaimana pak pos, atau salesman bisa mendapatkan jalur terpendek dalam mengunjungi rumah-rumah yang harus mereka datangi. Mungkin bisa dibahas dilain postingan😀

Segala hal yang menakjubkan kita temui pada semut hanyalah sebagian kecil bukti kebesaranNya pada kita. Subhanallah🙂

Udah dulu ya..

26 thoughts on “Semut-Semut Kecil

  1. Melihat semut2 di atas, aku jadi ingat.
    Waktu kecil aku sering mencari semut2 gede untuk di adu, Mba.😀
    Iseng banget.

    Aku udah pernah nonton videonya, memang sungguh menginspirasai. Gotong royong, akur dan tentunya jalannya selalu saling beriringan.
    Lumayan susah, kalau algoritma semut diterapkan di sini, ya?😆 #padahal gak tau lagoritma semut.

  2. Seyogyanya kita bisa belajar dari mana saja … dari siapa saja … dan dari apa saja …
    termasuk Semut

    Salam saya Izz

  3. di rumah saya lagi banyak semut Za, ada yg hitam kecil, hitam agak gede, ada yang merah kecil, merah super kecil dan merah agak gede.. kalau ngigit yg hitam agak gede paling sakit ke dua yang merah agak gede berasa panas kalau di gigitnya..
    Za mau di gigit yg mana hehe ???

  4. Semut adalah hewan kecil yg patut kita contoh.
    Benar spt yg dikatajan,seandainya bangsa kita banyak belajar dr semut,pasti negara ini akan damai dan sejahtera🙂

  5. Bahkan dalam Al-Quran pun disebutkan semut ini, untuk kita mengambil pelajaran berharga. Algoritma semut rumit gak ya? Saya belajar algoritma biasa aja pusing, apalagi yang rumit hehe…

  6. seandainya umat manusia menerapkan ilmu semut ya.. pasti semua kesejahteraan rata, nggak ada yang nimbun buat sendiri2…😕

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s