Jika Tidak Ada Pisang

Aku suka pisang. Kesukaan pada buah ini sudah bermulai sejak aku kecil. Mama dulunya sering mengajak aku ke pasar tradisional dan pulangnya pasti tidak lupa membeli pisang satu sisir.

Kampungku di Baso kaya akan buah pisang, pohon pisang begitu mudah didapat dimana-mana, saking suburnya pohon-pohon tersebut tumbuh saja tanpa sengaja ditanam, buahnya yang banyak dan enak  sering diekspor kekota atau kedaerah lain untuk dijual disana. Namun kira-kira tahun 2002 atau 2003 lalu pisang-pisang di kampung terkena penyakit. Aku juga kurang tahu persis nama penyakitnya yang pasti hal tersebut kemudian menyebabkan banyak pisang yang tidak layak untuk dikonsumsi dan harganya menjadi mahal.

Peristiwa memilukan tentang buah pisang ditahun itu berkelanjutan sampai sekarang. Pohon-pohon pisang yang dulu bejibun sekarang udah hanya tinggal beberapa. Buahnya pun udah mulai sedikit. Kabarnya kelangkaan pisang bukan hanya terjadi di kampungku di Sumatera Barat, tapi juga diseluruh Indonesia.  Bahkan  Pada 1960-an, pisang jenis Gros Michel dan berbagai varian buah dihapus dari muka bumi akibat serangan penyakit Panama. Namanya pisangnya keren yaa..kalau dikampungku namanya Cuma ada Pisang Batu, Pisang Rajo, Pisang Buai, Pisang Ameh…dll.

Berita buruknya menurut laporan New Scientist, pisang dapat punah dalam kisaran sepuluh tahun lagi. Banyak hal yang bisa membunuh keberadaan pisang. Sigatoka hitam, jamur daun, dan jamur tanah yang menyerang akar tanaman atau penyakit Panama. Huaa….aku nggak bisa bayangin kalau nggak ada pisang didunia ini. Bagaimana nasib penjual goreng pisang atau godok pisang, dimana aku mesti beli pisang keju, cake pisang, pisang pijak, jus pisang???? Apa nanti kalau bungkus nasi semua jadi pake stirofom??mana enakk…. Bagaimana nasib monyet-monyet??? Dan yang pasti nggak bakal lagi ada memori daun pisang…. Miris😦

godok pisang, pisang pijak, jus pisang

Saat ini para ahli dari berbagai negara yang mengerti tentang per-pisang-an sedang melakukan berbagai cara agar dapat mencegah kepunahan buah pisang. Begitu juga dengan LIPI yang saat ini sedang berusaha melakukan terobosan penelitian untuk menciptakan varietas pisang baru yang berkualitas unggul dan tahan penyakit. Semoga saja….🙂

jajanan pisang yang sering aku beli

“Dek pisang langka ko, kini isi godok tapuang se…”  (mengutip kata2 seorang pisang maniak) :mrgreen:

Sumber:

Vivanews.com

Gambar

Godok pisang :elizabethprata.blogspot.com

Pisang jepit : kamera-digital.com

Jus Pisang : resepmasakanindonesia.info

72 thoughts on “Jika Tidak Ada Pisang

  1. Waaah… jangan sampe pisang punah ya.
    Paling ngga memori daun pisang harus tetap terlestarikan sampai anak cucu. Ish, romantis banget ya kalo inget film jaman dulu hujan-hujan berpayung daun pisang,…..😀

  2. jajanan tradisional juga masih banyak yang pake pisang. semoga nggak sampe punah. wah saya baru tau pisang dibikin jus. mbak izzawa penggemar berat pisang ya.🙂

  3. pena usang berkata:

    Hwalah bangsa pisang-pisangan tengah menghadapi masalah serius tampaknya. Dan jikalau begini bukankah pisang goreng bisa saja tidak dapat dinikmati anak cucu kita semua? Masalah gawat ini! Ini bencana internasional dunia akhirat!
    *lari pontang-panting muterin gang rumah sambil manggil-manggil pa RT*

  4. Di Jakarta suplai pisang untungnya masih berlimpah. Ah jangan sampai punah duuuunk, pisang yang matang itu mengandung zat yang dpt melawan sel-sel abnormal cikal bakal kanker lhooo.

    Btw header blogmu cantik ya, Iz

  5. “di halaman rumah kok ditanami pisang sih Mbok?” tanyaku pada simbok.
    “nanem pisang itu enak, tinggal tanam, nggak ribet ngerawat, nggak musiman berbuahnya, tapi panen”….

    kayaknya kalau di indonesia masih lama mau punah tuh pisang-pisang.😀

  6. tttttiiiidddddaaakkkk….jangan sampai pisang punah…hiks..jadi dapat ilmu baru fny kak….trnyta pisang juga bisa “hampir” punah…ckckck…mari menanam pisang #eh?

  7. Saya juga suka pisang.
    Sangat jarang dengar tumbuhan punah. Apalagi pisang, saya hampir tidak percaya.

    Tapi, saya lebih suka semangka. Andai semangka bisa digoreng y kak. Hehe

    • pisang dalam keadaan berbahaya lantaran dia memiliki Kelangkaan keragaman genetika Tra..dan juga mudah diserang berbagai penyakit…
      hmmm… semangka goreng????

  8. Wah segera bikin Gerakan Selamatkan Pisang nih. Gak kebayang, nanti saya bikin timbel pake apa? Masa daun seledri … hmmm, belum lagi bolu pisang akan lenyap. Oh, tidaaak! *lebay*

  9. kayak di tempatku, pohon2 pisang sudah lumayan banyak yg kena penyakit menular mematikan, jadi layu terus mati sebelum berbuah😦
    padahal saya kan suka pisang, apalagi yg dibakar.
    enggak kebayang kalo nanti ada museum pisang gara2 tinggal namanya doang..

  10. pena usang berkata:

    Uni, Pa RT bilang masalah pisang ini adalah bencana tingkat dunia dan akhirat. Wajib segera dibahas di sidang mahkamah tingkat kelurahan katanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s