Gempa lagi di Sumatera-ku

Untuk kesekian kalinya Sumatera kembali diguncang oleh gempa berskala besar, 8,9 skala Richter (SR) yang kemudian direvisi oleh BMKG menjadi 8,5 Richter. Gempa ini menguncang beberapa provinsi di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Gempa juga di rasakan di negara tetangga Malaysia dan Singapura. Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu mendapatkan peringatan dini atas kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa ini.

Gempa terjadi pukul 15:38:29 WIB berpusat 2.40 Lintang Utara (LU), 92.99 Bujur Timur (BT) pada posisi 434 kilometer Barat Daya Meulaboh tepatnya di Kabupaten Simeulue dengan kedalaman 10 km mengguncang. Kekuatan gempa kemudian berubah delapan kali. Urutannya, 8,9 SR (15.38 WIB), 6,1 SR (16.28 WIB), 6,2 SR (16.48 WIB), 6,1 SR (17.09 WIB), 5,7 SR (17.21 WIB), 8,8 SR (17.43’06 WIB), 8,1 SR (17.43’11 WIB), dan 6,5 SR (17.50 WIB).

Sejauh ini masih belum di temukan kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat gempa ini. (Alhamdulillah mudah-mudahan semua baik-baik aja :-o)

Penyebab Gempa

Ahli Geologi dari ITB DR Irwan Meilano mempunya analisis awal soal penyebab gempa 8,5 SR di Aceh. “Mekanisme gempa tersebut sesar geser bukan sesar naik.
(bukan mega thrust) sehingga potensi tsunami tidak terlalu besar,” kata Irwan dalam keterangan tertulisnya. Rabu 14/04/2012.

Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief yang mengirim pesan dari Irwan menambahkan, gempa itu sebesar itu memang sudah diprediksi. Namun memang waktunya tidak bisa dipastikan.

Gempa Simeulue berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) pada Rabu (11/4/12) pukul 15.38 WIB diperkirakan memicu dan mempercepat gempa besar di lokasi yang belum keluar energi besarnya, yakni jalur Nias ke selatan atau Mentawai Enggano.

Jadi perlu diwaspadai, apalagi gempa di Simeulue dinilai aneh mengingat ahli geologi sebelumnya menganggap jalur Nias, Simeulue Aceh sudah aman atau tidak ada gempa besar dalam waktu dekat pascagempa di Aceh pada 2004 yang berujung pada tsunami, dan di Nias 2005,” kata ahli geologi di Sumut Timbul Raya Manurung di Medan, Rabu.

 Kondisi Padang

Wali Kota Padang Fauzi Bahar memasikan kondisi kota Padang  aman terkendali, tidak mengalami kerusakan berarti menyusul terjadinya gempa 8,5 skala Richter yang berpusat di Kabupaten Simeuleu, Rabu 11 April 2012.

#Pray For Sumatera

Sumber:www.bisnis.com, www.detik.com, http://www.tribunnews.com, www.kompas.com

28 thoughts on “Gempa lagi di Sumatera-ku

  1. alhmdullh sampai saat kini masih tim kami menyimpulkan kalo gempa yang terajdi hanya sesar geser bukan thrust fault, jdi dampaknya terhadap kita tidak terlalu besar

  2. Tau nggak kenapa gempa sebesar 8,9 SR tahun 2012 di sekitar Aceh tidk menimbulkan kerusakan yg berarti ??

    Karena gempa tersebut hanya berupa sesar geser, sehingga lempeng-lempeng(lempeng India dan Eurasia) tersebut tidak terlalu menimbulkan kerusakan hebat, walaupun magnitudo gempa sangat kuat(Richter). Tapi, intensitas kerusakannya sangat kecil(Merchalli)..
    Dibandingkan dengan gempa Aceh pada 2004 yang juga sebesar itu menimbulkan kerusakan luar biasa hebat. Karena gempa tsb berupa sesar naik, yaitu hanging wall akan membawa muka air laut menjadi tsunami. Lempeng-lempengnya pun bertumbukan (lempeng Eurasia dan IndoAustralia). Sehingga magnnitudonya besar dan intensitasnya pun lebih besar.

    Hihihihihihi🙂

  3. reza aprilda berkata:

    “Di Pantai Barat Sumatera merupakan zona subduksi antara lempeng tektonik india australia dan eurasia, yang rata-rata setahun bergeser 5 hingga 7 cm ke arah timur laut, itu sebabnya sumatra sering di Landa gempa,,beberapa segmen seperti di Aceh dan Mentawai dikenal memang sangat aktif dan memiliki potensi tinggi menimbulkan gempa.Jadi wilayah Sumatera ancaman gempanya berasal dari subduksi dan sesar yang di daratan atau sepanjang sesar semangko. Diperkirakan lempeng Indo Australia tersebut robek sekitar 100-500 km ke arah utara. Dengan gempa sebesar itu tentu berpengaruh pada sistem keseimbangan lempeng di sekitarnya, hal tersebut yang harus di waspadai. Terlebih lagi segmen Mentawai yang masih berpotensi menyimpan energi besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s