Demam Bunga Kantong Plastik

Bunga-Bunga Kantong Plastik

Bunga-Bunga Kantong Plastik

Awalnya aku melihat fenomena ini disekitar jalanan menuju kampung halamanku (Bukittinggi-Payakumbuh).  Kalau tidak salah 2 atau 3 bulan yang lalu. Kiri Kanan kulihat saja banyak bunga-bunga raksasa yang cantik berjejer ditrotoar lalalalal, aku pikir sedang ada acara apa gitu. Soalnya letak bunga itu disejajarkan dengan trotoar yang kiri dengan yang kanan. Sesaat sempat menarik perhatian ku, setelah ku telaah dan analisa lebih jauh ternyata itu jualan pedangang  bunga. Niat banget yaa… ;-).

Aku pikir soal bunga-bungaan ini hanya numpang lewat aja dipikiranku, sama halnya aku lewat dijalanan itu. Ternyata eh ternyata hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, bunga ini mulai berjelaga dimataku. Sekarang dimana saja aku bisa menemuinya. Hampir disetiap tempat dan disetiap daerah, daerah disini maksudku adalah daerah yang biasa aku lewati setiap hari dan setiap minggunya :mrgreen:. Bahkan didepan toko sepatu, depan toko mainan anak-anak,  di salon, didepan rumah, swalayan semua pada rame-rame bikin dan menjual bunga ini. Bentuknya pun udah mulai bervariasi mengikuti kreatifitas masing-masing, ada yang setinggi pintu rumah, ada yang imoet, ada yang  sederhana, macam-macam deh pokoknya.

Penyebaran wabah bunga ini begitu pesat dan aktual :mrgreen:. Mulai dari remaja sampai ibu-ibu berbondong-bondong membuatnya. Hampir disetiap rumah yang aku temui pasti deh ada bunga ini. Mungkin di dukung juga dengan bahannya yang murah meriah serta keuntungan yang didapat jika bunga yang dijual emang bagus.

Salah satu rumah pengrajin bunga kantong plastik ini adalah rumah Mbak Nunik. (:-D). Karena penasaran aku langsung aja tanya-tanya tentang pembuatan bunga ini. Dan dari informasi yang aku dapatkan diketahuilah bahwasanya bahan-bahan bunga ini sebagai berikut ;-)

bahan-bahan

bahan-bahan

  1. Kantong Plastik (harga rata-rata Rp.5000/3 kantong)
  2. Daun-daunan (15 ribu @tangkai)
  3. Dan perkakas :-)

Untung saja Mbak Nunik berbaik hati membagi sedikit resep cara pembuatannya, walaupun itu cuma langkah dasar pembuatannya saja. Karena cara-cara pembuatan bunga ini bisa disesuaikan menurut selera dan kepercayaan masing-masing.

Cara Membuat Bunga Kantong Plastik

Cara Membuat Bunga Kantong Plastik

  1. Pertama sediakan kantong plastik sesuai selera. Kantong plastiknya bukan yang biasa dipake buat bungkusan gorengan ya, tapi yang agak tebal.
  2. Gunting bagian atas dan bagian bawah, lalu dilipat menjadi dua bagian.
  3. Lipat lagi :-)
  4. Lipat lagi :-)
  5. Lipat menjadi segitiga sama kaki
  6. Gunting seperti gambar (waduh inai dijarinya nya mbak nunik eksis banget yah,,, :-P )
  7. Gunting nya kayak gini nih (liat gambar)
  8. Nah tinggal dikreasiin aja sesuai selera, maunya kayak apa.
  9. Contoh barangnya kira-kira kayak gini.

Selamat mencoba

Semoga Bermanfaat  ;-)

#terima kasih buat mbak Nunik.. :-)

About these ads

69 thoughts on “Demam Bunga Kantong Plastik

  1. dara berkata:

    he he kalaw semua pada bikin… sapa yg beli???
    tapi kalaw di ekspor bagus tuch…
    saya juga mo bikin ne….

  2. Abi berkata:

    ” Ass.Mksih ya mbak,atas info ini yg sgt berguna bagi kami para pendidik di daerah terpencil Baduy utk mengembangkan kreatifitas anak..!!!!!!!!!!!!”

    • untuk tangkai bisa pake kawt mbak,,nanti dibalut sama plastik warna hijau…itu udah jelas kok mbak..ikuti aja..ntar mbak kreasi kan sendiri :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s